Gagas Pendirian Perguruan Tinggi, Pengurus BPH ITBMP Pangandaran Studi Banding ke Umuka

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:44 WIB
Pengurus PDM Karanganyar dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) berdiskusi dengan perwakilan BPH ITBMP Pangandaran dan PDM Pangandaran di lantai dua kampus Umuka, Jum'at (24/6/2022). SMSolo/Irfan Salafudin (SMSolo/Irfan Salafudin)
Pengurus PDM Karanganyar dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) berdiskusi dengan perwakilan BPH ITBMP Pangandaran dan PDM Pangandaran di lantai dua kampus Umuka, Jum'at (24/6/2022). SMSolo/Irfan Salafudin (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-tinggi.com - Belum genap sebulan berdiri, Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) sudah jadi jujugan studi banding.

Jumat (24/6/2022), pengurus Badan Pembina Harian (BPH) Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Pangandaran (ITBMP) yang sedang dirintis, serta perwakilan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Pangandaran berkunjung di kampus Umuka.

Mereka berdiskusi dan belajar tentang pendirian universitas.

Baca Juga: Alhamdulillah ... UMUKA Resmi Berdiri dan Siap Terima Mahasiswa Baru. Ini 10 Program Studinya

Studi banding dilakukan, karena PDM Pangandaran dan pengurus BPH ITBMP menilai, Umuka menjadi role model dalam pendirian universitas dengan menggabungkan beberapa perguruan tinggi.

Sekadar tahu, pendirian Umuka yang diinisiasi PDM Karanganyar, mengakuisisi tiga perguruan tinggi swasta yakni Akademi Pariwisata Widya Nusantara (APWN) Surakarta, Akademi Sekretaris Manajemen Santa Ana atau ASMI Semarang dan Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka).

Ketua BPH ITBMP Sulia Nati mengatakan, sebagai daerah pemekaran baru, Pangandaran perlu memiliki institusi perguruan tinggi yang berguna untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Baca Juga: Info Lurrr !!! 17 Pendaftar Pertama UMUKA akan Dibiayai Kuliahnya Oleh Bupati, Gratissss Sampai Lulus

"Di Pangandaran, level pendidikan Muhammadiyah baru sampai tahap pendidikan menengah. Maka, kami merintis ITBMP. Namun ada peralihan sistem dan regulasi di kementerian yang harus kami ikuti.

‘’Saat ini sedang berproses. Harapannya bisa mengantongi izin operasional, namun masih harus melengkapi beberapa persyaratan. Misalnya untuk tenaga pendidik atau dosen," katanya, usai pertemuan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lembaga Riset dan Inovasi UMS Launching 6 Skema Riset

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:11 WIB

UNS Kukuhkan 10.409 Mahasiswa Baru

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:26 WIB

Unisri Solo Tambah Seorang Guru Besar

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:20 WIB

Guru Besar Pertama dari Unisri Solo Dikukuhkan

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 05:30 WIB
X