Tim Bengawan UV UNS Sabet Runner-up Kompetisi Comet 2021

- Rabu, 16 Juni 2021 | 09:03 WIB
Tim Bengawan UV UNS Surakarta.(SMSolo/dok)
Tim Bengawan UV UNS Surakarta.(SMSolo/dok)

SOLO suaramerdeka-solo-Tim Bengawan UV kembali membawa kabar bahagia untuk Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Yakni runner up kompetisi desain dan kecepatan prototype kapal.

General Manager Bengawan UV, Tri Rahmaji pekan lalu menjelaskan, lomba tersebut mengusung tema inovasi teknologi perkapalan khususnya kapal nelayan.

Dalam Kompetisi yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) itu, mereka hanya ikut dalam satu kategori namun mampu meraih prestasi.

Baca Juga: PB Peparnas Serukan 34 Provinsi untuk Bersaing di Papua

“Tema yang diangkat pada lomba yakni kapal nelayan yang berkonsep sustainable fishing. Ada dua kategori, yaitu lomba desain dan boat race competition. Kami hanya ikut kategori boat race competition,'' ungkap Tri Rahmaji.

Lalu, pada kategori tersebut masih ada sub event lagi yaitu race dan endurance. Jadi, prototype dari tim Bengawan UV diuji ketahannya serta kecepatan untuk balapan.

Ia menambahkan, kapal yang didesain Bengawan UV Team UNS itu sengaja dirancang untuk memiliki kemampuan yang seimbang antara kategori race dan endurance.

Baca Juga: DPRD Sukoharjo Minta Sekolah Jangan Memaksakan Diri

“Gelar juara dari akumulasi hasil race dan endurance. Pada kategori race, kami menempati posisi ketiga kemudian pada endurance di peringkat lima. Ketika diakumulasi, Bengawan UV meraih juara dua pada kompetisi ini,” imbuh mahasiswa Teknik Mesin UNS.

Dr Eng Aditya Rio Prabowo selaku pembimbing mengungkapkan, waktu persiapan yang dilakukan Bengawan UV, tidak panjang.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Pengalaman Magang Mahasiswa Jadi Nilai Plus

Jumat, 16 Juli 2021 | 08:02 WIB
X