Semangat! SMP Muhammadiyah PK Bidik Predikat Adiwiyata

- Jumat, 18 Juni 2021 | 07:54 WIB
SMP Muh PK Kottabarat menggelar sosialisasi secara blended. (SMSolo/Evie Kusnindya)
SMP Muh PK Kottabarat menggelar sosialisasi secara blended. (SMSolo/Evie Kusnindya)

SOLO Suaramerdeka-solo.com - SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta terus berbenah membidik predikat sekolah adiwiyata tingkat Kota Surakarta.

Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung penilaian, salah satunya menggelar acara sosialisasi secara blended (virtual dan tatap muka) mengingat kondisi covid-19 di Solo.

Kepala SMP Muh PK, Muhdiyatmoko mengatakan sekolahnya sedang bergerak mempersiapkan diri untuk maju dalam Adiwiyata tingkat Kota Surakarta. Pada tahun 2021, pihaknya mendapatkan kesempatan sebagai calon sekolah adiwiyata tingkat Kota Surakarta.

Baca Juga: Lambda, Varian Baru Corona Teridentifikasi di 29 Negara

Kegiatan sosialisasi menuju sekolah adiwiyata di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, menurutnya merupakan gerakan kepedulian lingkungan hasil kerja sama berbagai pihak.

“Kegiatan adiwiyata merupakan kegiatan yang sifatnya edukasi, partisipasi, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah, siswa, komite, dan orang tua terkait perilaku pelestarian dan penghijauan lingkungan.

Target kegiatan membuat sekolah asri, bersih, hijau, dan nyaman sehingga menjadi rumah kedua,” ungkap Muhdiyatmoko.

Upaya dimulai dengan perencanaan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang disesuaikan dengan kondisi nyata sekolah. Sekolah memperkuat inovasi-inovasi dalam bidang lingkungan.

Baca Juga: Warga Semarang, Ingat. Mulai 19 Juni-3 Juli Delapan Ruas Jalan Akan Ditutup

“Kami melakukan inovasi pengelolaan sampah dengan pemilahan sampah organik dan non organik. Sampah organik dimanfaatkan sebagai kompos dan sampah non organik didaur ulang sebagai kreasik (kreasi sampah kemasan), ecobrick, kreasi stem barang bekas, pot botol plastik, dan sebagainya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Pengalaman Magang Mahasiswa Jadi Nilai Plus

Jumat, 16 Juli 2021 | 08:02 WIB
X