Tim PKM Sekolah Vokasi UNS Beri Pelatihan Pembuatan Permen Jahe di Tawangsari

- Minggu, 24 Juli 2022 | 20:35 WIB
Tim PKM SV UNS bersama masyarakat yang tergabung dalam paguyuban Selo Beraksi seusai praktik membuat permen jahe.  (SMSolo/dok)
Tim PKM SV UNS bersama masyarakat yang tergabung dalam paguyuban Selo Beraksi seusai praktik membuat permen jahe. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Sekolah Vokasi (SV) UNS Surakarta mengadakan pelatihan pemanfaatan dan pengembangan potensi jahe di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo.

Dengan mengusung tema "Inovasi Chewy Gummy Ginger Sebagai Upaya Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Meningkatkan Imunitas, dan Meredakan Gejala Covid-19", tim tersebut memberikan pelatihan pembuatan permen lunak dari jahe.

Pelatihan diselenggarakan di rumah Wiji Sinarsih di Selo RT 01 RW 05 Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo.

Baca Juga: Polisi Menduga, Potongan Anggota Tubuh Manusia di Semarang Korban Mutilasi

Adapun Tim PKM-PM SV UNS tersebut merupakan salah satu dari 24 Tim PKM yang lolos pendanaan dari UNS. Tim ini diketuai oleh Fahreza Eka Dani Ardityansyah.

Tim PKM-PM SV UNS turut menggandeng mitra Paguyuban Selo Beraksi, yang merupakan paguyuban warga.

Ketua Tim PKM-PM SV UNS, Fahreza Eka Dani Ardityansyah mengatakan bahwa dusun tersebut memiliki potensi alam berupa lahan pertanian yang subur serta mampu dimanfaatkan oleh warga untuk menanam apa saja.

Baca Juga: Viral, Video Emak-emak Berhijab dan Kacamata Hitam Menghina Ibu Negara Iriana Jokowi

Dilihat dari letak desa tersebut yang berada di samping Sungai Bengawan Solo membuat daerah tersebut dapat dengan mudah mendapat pasokan air.

Lahan yang tidak digunakan untuk sawah juga telah dimanfaatkan warga untuk menanam tanaman rempah dan umbi-umbian.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus OSIS SMA 1 Manyaran Wonogiri Dilatih TNI

Senin, 30 Januari 2023 | 09:34 WIB

Lomba Mewarnai, Tanamkan Moderasi Beragama Sejak Dini

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:02 WIB

Tiga Mahasiswa FKI UMS Magang di NAIST Jepang

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:03 WIB
X