Terbatas, SD Muhammadiyah PK Susun Modul Pembelajaran Mandiri

- Rabu, 23 Juni 2021 | 17:15 WIB
Guru kelas 6 SD Muhammadiyah PK menyusun modul pembelajaran mandiri di sekolah setempat. (SMSolo/Evie Kusnindya)
Guru kelas 6 SD Muhammadiyah PK menyusun modul pembelajaran mandiri di sekolah setempat. (SMSolo/Evie Kusnindya)

SOLO suaramerdeka-solo.com - Pembelajaran di masa pandemi menuntut guru untuk terus berkreativitas menciptakan materi dan media ajar yang menyenangkan dan memudahkan siswa.

Selain menyiapkan pembelajaran tatap muka SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta terus mematangkan persiapan fisik dan nonfisik.

Persiapan fisik meliputi pemenuhan sarana protokol kesehatan, pembenahan fisik bangunan, dan sarana sanitasi. Sedangkan non fisik meliputi simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan workshop penyusunan perangkat pembelajaran.

Baca Juga: Disebut Kotori Wilayah, Pasien Positif Covid-19 Dimaki dan Diusir Warga

Salah satu yang menjadi fokus dalam workshop penyusunan perangkat pembelajaran adalah pembuatan modul bahan belajar untuk siswa.

Pada tahun ajaran 2020-2021 yang lalu, di mana pembelajaran dilaksanakan secara daring penuh, sekolah memproduksi konten video pembelajaran yang diunggah di kanal YouTube dan melengkapinya dengan modul bahan belajar daring (BBD) untuk pegangan siswa di rumah.

Sesuai hasil hasil evaluasi akhir tahun, modul bahan belajar tersebut akan direvisi dan disempurnakan. Penyempurnaan meliputi sistematika penulisan, pengayaan isi, dan penambahan suplemen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Andi Arfianto, Wakasek Bidang Sarana dan Prasarana, mengungkapkan bahwa penyusunan modul ini dilakukan oleh tim guru kelas 1-6.

Baca Juga: Angka Kematian Covid-19 di Sragen Lebih Tinggi dari Angka Nasional

"Kami berinisiatif menyusun modul bahan belajar secara mandiri karena menyesuaikan analisis kebutuhan materi pembelajaran di masa pandemi dan mempermudah interaksi siswa dengan guru karena modul disusun oleh guru sendiri," ujarnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Pengalaman Magang Mahasiswa Jadi Nilai Plus

Jumat, 16 Juli 2021 | 08:02 WIB
X