Pengalaman Magang Mahasiswa Jadi Nilai Plus

- Jumat, 16 Juli 2021 | 08:02 WIB
zoom meeting
zoom meeting

SOLO suaramerdeka-solo.com - Pengalaman yang didapat mahasiswa dari luar kampus menjadi nilai plus tersendiri.

Kini dengan adanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digaungkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, mahasiswa mendapatkan dukungan untuk melaksanakan magang.

"Kaitannya dengan Indikator kinerja utama (IKU) 6 yaitu kerjasama dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja. Intinya, MoU dan MoE itu dalam rangka untuk memayungi mahasiswa yang ingin magang, praktik industri, belajar kewirausahaan, dan program tertentu.

Baca Juga: Duh. Terbujuk Rayu Dokter Gadungan, Seorang Perempuan Transfer Duit Hingga Rp 45 Juta

Diharapkan dapat menambah kompetensi mereka saat masih di bangku kuliah,” jelas Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Dr rer.nat Sajidan MSi di sela kegiatan "Wedangan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS" yang digelar secara daring.

Berkaitan dengan itu, Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS, Budi Harto menyampaikan keberadaan alumni yang sukses berwirausaha diluar latarbelakang ilmu yang dipelajari semasa berkuliah menjadi inspirasi bagi mahasiswa.

“Banyak pilihan di (lingkungan) masyarakat. Disamping mengembangkan sesuai dengan profesi dari disiplin ilmunya, juga ada profesi lain yang terbuka,” tutur Budi Harto.

Baca Juga: Prokes Ketat, DPR Gelar Rapat Paripurna Istimewa Hari Lahir Sukoharjo Ke-75

Dia mengemukakan jika peran pendidikan itu tidak murni hanya belajar sesuai dengan bidang disiplin ilmunya, tetapi juga proses pendewasaan yang mengantarkan setiap sarjana untuk bisa sukses di masyarakat.

Dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa diharapkan dapat tangguh menghadapi tantangan di masyarakat. Mahasiswa (diharapkan) tidak hanya hebat dalam teorinya, tetapi bisa adaptif terhadap disrupsi.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

300 Siswa SMAN 2 Klaten Ikuti Uji Coba Ketiga PTM

Selasa, 14 September 2021 | 13:28 WIB

Pelajar Didahulukan Agar PTM di Wonogiri Segera Digelar

Senin, 13 September 2021 | 16:46 WIB

PAUD IT Nur Hidayah Sutakarta Gelar PTM

Selasa, 7 September 2021 | 07:59 WIB

Unisri Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Senin, 6 September 2021 | 10:06 WIB

Sekolah Muhammadiyah di Karanganyar Siap Menjalankan PTM

Minggu, 5 September 2021 | 18:42 WIB

Hore, Mulai Senin Pemkab Boyolali Perluas PTM

Minggu, 5 September 2021 | 10:59 WIB
X