Profesor Dr Sugiaryo Dikukuhkan Guru Besar Ilmu Hukum Unisri, Usulkan Amandemen UUD 1945

- Senin, 19 September 2022 | 20:10 WIB
Prof Sugiaryo saat menyampaikan orasi ilmiah dalam pengukuhan guru besar kedua Unisri di kampus setempat.  (SMSolo/dok)
Prof Sugiaryo saat menyampaikan orasi ilmiah dalam pengukuhan guru besar kedua Unisri di kampus setempat. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Konstruksi dasar dari Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 lebih menitikberatkan pada executive heavy.

Artinya, presiden mempunyai posisi yang lebih besar, dibanding dengan cabang-cabang kekuasaan lain. Hal itu menyebabkan kekuasaan eksekutif tidak dapat dikontrol.

Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Profoesor Dr Sugiaryo mengemukakan, selain kelemahan tersebut terdapat beberapa hal lainnya dalam sistem checks and balances.

Baca Juga: Beragam Cerita dalam Sejarah Bengawan Solo

Selain itu juga sendi sendi demokrasi lainnya seperti jaminan hak asasi manusia, supremasi hukum, manajemen terbuka, pers yang bebas, serta pemilu berasaz Luber belum dielaborasikan dalam praktik ketatanegaraan di Indonesia. Baik pada masa setelah merdeka, masa Orde Lama maupun Orde Baru.

"Dengan kelemahan-kelemahan yang di UUD 1945, terbuka kemungkinan untuk melakukan amandemen atau perubahan," kata Prof Dr Sugiaryo, ketika menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Konstitusi dan Pergeseran Kekuaan Legislatif" di hadapan Sidang Senat Terbuka Unisri.

Baca Juga: Ganjar Canangkan 38 Desa Bersih Narkoba di Klaten

Dikatakan Prof Soegiaryo, jikapun beberapa hal tersebut sudah diterapkan dalam tataran riil, masih belum menyentuh substansi.

Contoh, dalam praktik peradilan, masih terdengar adanya mafia peradilan. Mahkamah Agung sendiri sebagai tempat terakhir bagi pencari keadilan, sedang dan terus direformasi.

Prof Soegiaryo merupakan guru besar kedua Unisri. Sebelumnya Unisri juga mengukuhkan Prof Dr Sutoyo sebagai Guru Besar pertama di PTS tersebut.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kado Akhir Tahun, Unisri Banjir Prestasi. Apa saja?

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:20 WIB

USB Komitmen Laksanakan Tridharma PT yang Berkualitas

Jumat, 11 November 2022 | 21:42 WIB

Dies Natalis USB Solo, ‘Berkarya Untuk USB Unggul’

Jumat, 11 November 2022 | 14:10 WIB

STT Warga Surakarta Asah Skill Karyawan

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:27 WIB
X