115 Kepala SMP Kebumen Studi Tiru ke SMPN 1 Jogonalan Klaten

Setyo Wiyono
- Minggu, 25 September 2022 | 08:59 WIB
SMPN 1 Jogonalan Klaten menerima rombongan kepada SMP Kebumen untuk studi tiru penerapan kurikulum merdeka.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
SMPN 1 Jogonalan Klaten menerima rombongan kepada SMP Kebumen untuk studi tiru penerapan kurikulum merdeka. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Sebanyak 115 Kepala SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Kebumen mengikuti studi tiru di SMPN 1 Jogonalan Kabupaten Klaten, Sabtu (24/9/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kebumen, Asep Nurdiyana dan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, Budi Santoso, turut menyertainya.

‘’Pembuatan semua karya divideokan, sehingga dipastikan murni karya siswa,’’ kata Kepala SMPN 1 Jogonalan, Endah Sulistyowati.

Baca Juga: 102 Guru SMP dari Pati Studi Tiru IKM di SMPN 1 Jogonalan, Klaten

Ada meja dan kursi dari ecobrick yakni botol minuman kemasan yang diisi sampah plastik, aneka minuman seduh rempah, seni kriya patung, produk makanan abon lele, kain ecoprint, lilin dari limbah jelantah dan lainnya.

‘’Kedatangan kami untuk studi tiru, apa yang telah dilakukan di SMPN 1 Jogonalan sebagai sekolah penggerak angkatan pertama. Jadi selangkah lebih maju dibandingkan kami yang termasuk angkatan kedua,’’ kata Kepala Disdikpora Kebumen, Asep Nurdiyana.

Ketua MKKS SMP Kebumen, Budi Santosa menambahkan, di wilayahnya baru ada 6 sekolah penggerak, dua di antaranya sekolah swasta. Total ada 120 kepala SMP di Kebumen, 115 orang di antaranya ikut ke Klaten.

Baca Juga: Tim Liga 3 PSIK Diresmikan, Bupati Minta Raih Kembali Kejayaan Sepak Bola Klaten

Kepala SMPN 1 Jogonalan Endah Sulistyowati mengaku senang bisa berbagi pengalaman sebagai sekolah penggerak angkatan pertama.

Dia menjelaskan kondisi awal sekolahnya, setelah menerapkan kurikulum merdeka, serta caranya mengatasi masalah. Di awal penerapan kurikulum merdeka memang banyak masalah, namun semua bisa diatasi.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kado Akhir Tahun, Unisri Banjir Prestasi. Apa saja?

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:20 WIB

USB Komitmen Laksanakan Tridharma PT yang Berkualitas

Jumat, 11 November 2022 | 21:42 WIB

Dies Natalis USB Solo, ‘Berkarya Untuk USB Unggul’

Jumat, 11 November 2022 | 14:10 WIB

STT Warga Surakarta Asah Skill Karyawan

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:27 WIB
X