Ajak Ciptakan Ketahanan Pangan dari Rumah Tangga, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Pertanian UNS

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:30 WIB
Mahasiswa FP UNS yang tergabung dalam tim Saung Tani memberikan pelatihan pembuatan kompos dan tabulampot pada PKK Dusun Gemolong.  (SMSolo/dok)
Mahasiswa FP UNS yang tergabung dalam tim Saung Tani memberikan pelatihan pembuatan kompos dan tabulampot pada PKK Dusun Gemolong. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Ketahanan pangan bisa dimulai dari rumah tangga. Hal itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Bahkan rumah yang lahannya sempit pun bisa digunakan untuk bercocok tanam. Sayangnya, banyak masyarakat terutama kaum ibu yang tidak memiliki kemampuan bercocok tanam.

Berangkat dari kondisi tersebut, sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang tergabung dalam Tim Saung Fakultas Pertanian memberikan pelatihan pada para ibu agar memiliki kemampuan bertani dan bisa memulai ketahanan pangan dari rumahnya.

Baca Juga: Ini Hasil Sementara Pilkades Serentak di Kabupaten Sragen

"Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keterampilan Good Agriculture Practice (GAP),” tutur koordinator tim Khanif Irsyad Fahmi.

Tim mahasiswa tersebut mengajarkan cara penanaman tanaman buah dan sayur dalam pot (Tabulampot). Selain itu juga pelatihan pembuatan kompos.

Baca Juga: Meresahkan, Geng Klitih di Klaten Digulung Tim Resmob! 4 Pelaku Ditangkap, 2 Dibawah Umur

Pelatihan diberikan pada kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Cahaya Hati di Dusun Gemolong, Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Selama kegiatan, tim memberikan sarana kepada peserta berupa komposter, EM4, benih, dan wadah semai. Harapannya ibu-ibu PKK langsung bisa mempraktikkan materi pelatihan.

Baca Juga: Kamarudin Simanjuntak Sebut Putri Candrawathi ikut menembak Brigadir J

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lomba Mewarnai, Tanamkan Moderasi Beragama Sejak Dini

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:02 WIB

Tiga Mahasiswa FKI UMS Magang di NAIST Jepang

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:03 WIB

Tim UMS Kenalkan Program Internasional di Edufair

Rabu, 11 Januari 2023 | 20:10 WIB

Sandy Ria Ervinna Meriahkan Acara Milad ke-38 ITB AAS

Minggu, 8 Januari 2023 | 16:18 WIB
X