Buku dari Perpusnas Demi Tingkatkan Literasi dan Minat Baca Masyarakat

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 19:15 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti melakukan salam literasi bersama para pengurus komunitas baca di Sragen yang menerima bantuan buku dari Perpustakaan Nasional RI, Jumat (28/10).  (SMSolo/Basuni)
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti melakukan salam literasi bersama para pengurus komunitas baca di Sragen yang menerima bantuan buku dari Perpustakaan Nasional RI, Jumat (28/10). (SMSolo/Basuni)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Empat komunitas baca di wilayah Kecamatan Masaran, Sragen menerima bantuan buku dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Buku-buku tersebut diserahkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti di Solo, Jumat (28/10).

Acara juga dihadiri Ketua DPRD Sragen Suparno dan Ketua Komisi IV DPRD Sragen Sugiyamto.

Baca Juga: Bawaslu Klaten Luncurkan Buku ‘Mencatat Masa Silam, Menerangi Masa Depan’

“Buku-buku dari Perpusnas bisa diberikan kepada komunitas-komunitas baca. Salah satu tujuannya, meningkatkan literasi dan minat membaca bagi generasi muda, khususnya. Sebab selama ini mereka lebih tertarik bermain ponsel dari pada membaca buku,” kata Agustina.

Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, banyak sekali buku di Perpurnas. Buku-buku itu boleh dipinjamkan kepada mereka yang berminat.

“Saat ini ada empat komunitas baca yang menerima buku-buku, sebagai percobaan. Harapannya, ada di setiap dusun untuk tingkatkan literasi,” tandas Agustina.

Baca Juga: Bawaslu Karanganyar Luncurkan Film Dadi Awu dan Buku Sejarah Pengawas Pemilu

Empat komunitas yang menerima buku itu adalah Komunitas Griya Baca Bale Pintar, Dukuh Rejosari Desa Jati; Komunitas Baca Al Fatah, Masjid Al Fatah Dukuh Masaran; Komunitas/Taman Baca Assholihin Masjid Assholihin Dukuh Karangwaru Desa Krikilan dan Komunitas Baca Zakaria Masjid Zakaria Dukuh Kauman.

Fahrizal dari Komunitas Baca Griya Baca Bale Pintar mengatakan, dirinya mempunyai bimbingan belajar dengan jumlah anak sekitar 350 orang.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus OSIS SMA 1 Manyaran Wonogiri Dilatih TNI

Senin, 30 Januari 2023 | 09:34 WIB

Lomba Mewarnai, Tanamkan Moderasi Beragama Sejak Dini

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:02 WIB

Tiga Mahasiswa FKI UMS Magang di NAIST Jepang

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:03 WIB
X