Hari Jadi Ke 64 UMS, Wahyu Cakraningrat Jadi Inspirasi Nilai-Nilai Kepemimpinan

- Senin, 31 Oktober 2022 | 07:10 WIB
Memperingati Hari Jadi Ke 64 UMS, sekaligus menyambut Muktamar Ke 48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, 18-20 November 2022, UMS menggelar pagelaran wayang kulit di GOR Kampus II, Sabtu (29/10) malam.  (SMSolo/dok)
Memperingati Hari Jadi Ke 64 UMS, sekaligus menyambut Muktamar Ke 48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, 18-20 November 2022, UMS menggelar pagelaran wayang kulit di GOR Kampus II, Sabtu (29/10) malam. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Memperingati Hari Jadi Ke 64 UMS, sekaligus menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, 18-20 November 2022, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan pagelaran wayang kulit di GOR Kampus II, Sabtu, (29/10) malam.

Sekretaris Rektor UMS, Prof Dr Anam Sutopo mengemukakan, Hari Jadi Ke 64 UMS tidak bisa dipisahkan dari momentum Muktamar di Solo, mengingat UMS adalah tuan rumah perhelatan akbar tersebut.

"Muktamar Ke 48 di Solo semoga terinspirasi cerita Wahyu Cakraningrat, yaitu berhasil memilih 13 Tokoh Muhammadiyah yang semakin amanah, teguh pendirian, jujur, penuh keteladanan, memberikan rasa aman, nyaman, dan tenteram, serta memberikan rasa kasih sayang pada warga Muhammadiyah tanpa membedakan satu dan lainnya," papar dia.

Baca Juga: Pagelaran Wayang Kulit Wahyu Cakraningrat, Warga Penuhi Halaman Pemkab Klaten

Menurutnya, Wahyu Cakraningkrat merupakan cerita kepemimpinan yang mampu menghandayani rakyat, memegang teguh kejujuran, memberikan keteladanan, rasa aman, nyaman dan tenteram kepada rakyat.

Selain itu memberi rasa kasih sayang, mempunyai perilaku amanah dan merekatkan warganya tanpa membedakan latar belakang, agama, ras dan budaya, serta peduli terhadap lingkungannya.

"Kejahatan tak pernah mengalahkan kebajikan sangat relevan dengan ajaran Muhammadiyah yang selalu melakukan Amar Makruf Nahi Mungkar," tegas Sekretaris Rektor UMS itu.

Baca Juga: Sukemi Jegol Mudo Membuat ‘Ger-geran’ Pentas Wayang Kulit HUT Kemerdekaan RI di Sragen

Di sela pagelaran wayang kulit, Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif didampingi ketua panitia Prof Dr Kelik Wardiono memberikan doorprize kepada pemenang lomba paduan suara dan peserta yang hadir pada acara tersebut.

Juara 4 dari Fakultas Kedokteran mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, juara III Fakultas Farmasi mendapatkan uang pembinaan Rp 2 juta rupiah, juara II dari FKIP memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 3 juta dan juara I diraih Fakultas Ilmu Kesehatan mendapatkan uang pembinaan Rp 5 juta.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat, UNS Solo Naik Satu Peringkat di Webometrics

Senin, 6 Februari 2023 | 19:55 WIB

Pengurus OSIS SMA 1 Manyaran Wonogiri Dilatih TNI

Senin, 30 Januari 2023 | 09:34 WIB

Lomba Mewarnai, Tanamkan Moderasi Beragama Sejak Dini

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:02 WIB

Tiga Mahasiswa FKI UMS Magang di NAIST Jepang

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:03 WIB
X