Polling Kandidat Wamen Kemendikbud-Ristek Bisa Jadi Referensi

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 11:19 WIB
hasil polling
hasil polling

SOLO Suaramerdeka-solo.com - Polling yang memuat nama - nama yang dikandidatkan oleh netizen menjadi wakil Mendikbud Ristek memperoleh tanggapan dari pemerhati Kebijakan Pendidikan UNS Surakarta Dr Bramastia MPd menyatakan bahwa sah-sah saja siapa pun atau masyarakat membuat polling.

Seperti diketahui, Dalam poling yang dibuat situs pollingkita.com tersebut, ada empat nama yang dicalonkan menjadi wakil Mendikbud Ristek. Mereka adalah Jamal Wiwoho (UNS), Panut Mulyono (UGM), Arif Satria (IPB) dan Ari Kuncoro (UI).

Dari sejumlah nama tersebut Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho yang memperoleh pilihan paling banyak dari netizen.

Baca Juga: Vaksinasi Merdeka Candi di Solo, Lansia dan Difabel Mendapat Perhatian Lebih

Bramastia mengemukakan, Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu membuat Peraturan Presiden nomor 62/2021 tentang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Dalam Perpres tersebut, disebutkan mengenai wakil menteri (Wamen) Kemendikbud-Ristek yang dapat diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.
Bramastia menambahkan, yang paling penting justru bagaimana merespons tentang keberadaan polling tersebut.

Baca Juga: Wow. Dipastikan Ada Dua Induk dan Satu Anak Elang Jawa di Hutan Merbabu

Misalnya, pilihan yang tercantum pada polling tersebut rasanya cukup proporsional kalau dilihat dari geopolitik pendidikan nasional. Kedua, dari ketokohan calon yang dipilih masing-masing memiliki kapasitas yang mumpuni.

Para calon tersebut adalah representasi dari sosok terbaik dari masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Indonesia. Ketiga, ada prestasi masing-masing calon yang ditampilkan memiliki konsep jelas dalam dunia pendidikan bagi masing-masing kampusnya.

Misalnya, menegaskan kampus UNS sebagai Kampus Benteng Pancasila atau kampus IPB yang mengubah brand 'Bogor Agricultural University' menjadi 'IPB University'" dan juga mengganti slogan lama 'Searching and Serving the Best' berganti menjadi 'Inspiring Innovation with Integrity'.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Unisri Gelar Webinar Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:59 WIB

PTM 100 Persen di Boyolali Ditunda Februari

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:21 WIB

Fatipa Unisri Berikan 100 Bibit Tanaman Pucuk Merah

Kamis, 6 Januari 2022 | 18:15 WIB

Anak Muda Harus Berkarakter Tangguh

Kamis, 30 Desember 2021 | 21:05 WIB
X