Rp 1,7 Miliar untuk Program Hibah MBKM UNS

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 14:04 WIB
Zoom Meeting UNS Sebelas Maret Surakarta
Zoom Meeting UNS Sebelas Maret Surakarta

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Angin sejuk untuk mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Sebab dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbud Ristek, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meluncurkan hibah MBKM bagi mahasiswa UNS.

Hibah tersebut diharapkan dapat memacu kreativitas mahasiswa untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan 8 skema MBKM.

Dalam hal ini meliputi magang, Kuliah Kerja Nyata Tematik, kewirausahaan, studi independen, asistensi mengajar, kegiatan kemanusiaan, penelitian serta ditambah dengan skema khusus UNS, yaitu bela negara.

Baca Juga: Komunitas Kali Pengging: Sungai Kita Belum Merdeka

Hibah MBKM UNS 2021 dibuka secara resmi oleh Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho. Dalam peluncuran program tersebut, Rektor UNS didampingi oleh Prof Ahmad Yunus selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan dan Dr. Sutanto, SSi DEA selaku Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemdikbud Ristek, Prof Nizam juga turut hadir secara virtual.

Dalam sambutannya, Prof Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa tahun ini UNS mengalokasikan dana sebesar Rp 1,7 miliar untuk mendukung hibah MBKM. Hibah MBKM ditargetkan mampu menjaring minimal 170 proposal kegiatan dengan besaran anggaran maksimal Rp 10 juta per kegiatan.

Baca Juga: Siaga 24 Jam, Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19 Sering Dimaki Keluarga Korban

“Proposal MBKM wajib diusulkan secara berkelompok dengan jumlah anggota sebanyak 10 mahasiswa. Secara keseluruhan, program hibah ini diharapkan dapat menarik setidaknya 1.700 mahasiswa UNS untuk melaksanakan kuliah dengan bobot 20 SKS di luar kelas,” terang Jamal.

Dirjen Dikti, Prof Nizam menyambut baik inisiatif UNS untuk menyelenggarakan hibah MBKM bagi mahasiswa. Prof Nizam berharap agar mahasiswa mampu menyiapkan diri untuk menjadi mahasiswa yang unggul, kreatif, inovatif, dan adaptif, serta tetap berakhlak mulia.

Baca Juga: Detik-detik Proklamasi, Pengguna Jalan Di Solo Baru Dihentikan

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Unisri Gelar Webinar Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:59 WIB

PTM 100 Persen di Boyolali Ditunda Februari

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:21 WIB

Fatipa Unisri Berikan 100 Bibit Tanaman Pucuk Merah

Kamis, 6 Januari 2022 | 18:15 WIB

Anak Muda Harus Berkarakter Tangguh

Kamis, 30 Desember 2021 | 21:05 WIB
X