Guru Jangan Jadi S3. Sak Sake, Sak Anane dan Sak Isane

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 14:55 WIB
kajian rutin guru dan karyawan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Surakarta. (SMSolo/Evie K)
kajian rutin guru dan karyawan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Surakarta. (SMSolo/Evie K)

SOLO suaramerdeka-solo.com - Di masa pandemi ini para pendidik diingatkan jangan sampai S3. Adapun S3 yang dimaksud bukanlah jenjang pendidikan program doktoral melainkan sak sake, sak anane dan sak isane.

Hal itu mengemuka dalam salah satu bagian dari materi kajian rutin guru dan karyawan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Surakarta, yang diisi oleh Ustaz Rahman Budiyono, da'i sekaligus praktisi pendidikan asal Sukoharjo.

Mengawali kajian yang digelar melalui Zoom Meeting tersebut, Ustaz Rahman mengajak peserta untuk merefleksikan kandungan dalam surat Al Muthaffifin ayat 1 sampai 3.

Baca Juga: Proses Permohonan Izin Tower Telkom Dituding Tidak Transparan, Warga Sragen Mengadu ke Polisi

Ayat tersebut menggambarkan tentang kecelakaan bagi orang-orang yang curang, yaitu orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain minta dilebihkan, tetapi apabila menimbang untuk orang lain mereka mengurangi.

Ayat tersebut kemudian dikorelasikan dengan profesi guru atau karyawan dalam institusi sekolah. Ustaz Rahman mengajak kepada guru maupun karyawan agar tidak berlaku curang.

Yaitu dengan mengurangi hak anak dalam memperoleh pembelajaran maupun hak instansi sekolahan, yaitu dengan perilaku yang melanggar tata tertib, misalnya sering datang terlambat.

Baca Juga: Vaksinasi Buruh Pabrik Dipercepat. Menkes, Panglima TNI dan Kapolri Cek Langsung di Solo Raya

"Sudah sering terlambat mengajar, terlambat datang ke sekolahan, tetapi selalu meminta haknya untuk ditepatkan waktunya, inilah contoh perilaku orang-orang yang curang," ungkapnya.

Ustaz Rahman juga mendorong para guru untuk bangga dengan profesinya karena guru adalah profesi yang sangat mulia. Guru mengajarkan ilmu kepada para murid untuk kebaikan hidup di dunia maupun di akhirat.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Unisri Gelar Webinar Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:59 WIB

PTM 100 Persen di Boyolali Ditunda Februari

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:21 WIB

Fatipa Unisri Berikan 100 Bibit Tanaman Pucuk Merah

Kamis, 6 Januari 2022 | 18:15 WIB
X