Bencana di Boyolali. Jembatan di Kecamatan Tamansari Ambrol, Jalan di Desa Canden Longsor

- Kamis, 2 Maret 2023 | 13:54 WIB
Warga memasang pathok bambu pada ruas jalan yang longsor di Desa Canden, Sambi, Boyolali, sebagai peringatan bagi warga yang akan melintas.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Warga memasang pathok bambu pada ruas jalan yang longsor di Desa Canden, Sambi, Boyolali, sebagai peringatan bagi warga yang akan melintas. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Dipicu hujan deras seharian, beberapa tempat di wilayah Boyolali mengalami bencana longsor dan jalan ambrol.

Jembatan di Dukuh/Desa Lanjaran Kecamatan Tamansari, ambrol. Jembatan yang berada di desa lereng Merapi itu pun kini ditutup untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Hanya sepeda motor dan pejalan kaki yang bisa melintas,” ujar Kades Lanjaran, Kecamatan Tamansari, Tarso, Kamis (2/3).

Baca Juga: Awas! Bahu Jalan Jalur SSB di Jurang Grawah, Cepogo, Longsor!

Dia menjelaskan, ambrolnya jembatan terjadi pada Rabu (1/3) malam sekitar pukul 19.00 WIB di tengah hujan deras. Kejadian itu mengagetkan warga karena suara berderak sangat keras. Warga pun langsung berdatangan untuk mengecek.

“Pagi harinya, warga memasang pathok bambu sebagai peringatan bagi warga.”

Menurutnya, jembatan tersebut merupakan jembatan lama yang dibangun tahun 1970-an. Jembatan tersebut sangat vital bagi warganya, karena menjadi penghubung Desa Lanjaran dengan Desa Mriyan dan wilayah Kabupaten Klaten.

Baca Juga: Dua Rumah di Sragen Diterjang Longsor, Permukiman Ratusan Warga Tergenang Banjir

Sementara itu, longsor juga terjadi di Dukuh Kembang RT 4 RW 3 Desa Canden Kecamatan Sambi. Longsor terjadi pada bagian talut, membawa salah satu titik di ruas jalan dukuh tersebut, terbawa ambrol.

Jalan itu pun kini hanya bisa dilalui sepeda motor.

“Terkait kejadian ini, kami bersama pihak Pemdes Canden sudah memasang tanda peringatan dan rambu bagi warga dan pengguna jalan. Sehingga mereka bisa mencari jalur lain,” kata Kabid Kedaruratan BPBD, Rima Kusuma Prasetyaningrum.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Gulirkan Bantuan ZChicken, Ini Tujuannya

Kamis, 25 Mei 2023 | 08:56 WIB
X