Puan Maharani Resmikan Grha Bung Karno Klaten, Terbesar Di Solo Raya?

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 15:12 WIB
 Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Grha Bung Karno Klaten gedung pertemuan terbesar di Solo Raya. (SMSolo/Mera)
Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Grha Bung Karno Klaten gedung pertemuan terbesar di Solo Raya. (SMSolo/Mera)

Klaten,suaramerdeka-solo.com – Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Grha Bung Karno Klaten, yang disebut-sebut sebagai terbesar gedung pertemuan di Solo Raya, Sabtu 18 Maret 2023.

"Klaten bersyukur punya gedung pertemuan semegah ini, ini seperti GBK Mini. Grha Bung Karno bisa menjadi tempat pertemuan tak hanya bagi warga Klaten tapi se-Solo Raya. Sepertinya ini yang terbesar di Solo Raya,’’ kata Puan Maharani.

Dia memuji Grha Bung Karno yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti masjid, pendapa hingga wisma yang bisa digunakan untuk menginap keluarga penyewa gedung nantinya.

Baca Juga: Bangunan Permanen Menjamur di Bantaran Sungai, Kakanwil BPN Jateng: Wewenang BBWSBS

"Gedungnya sudah sangat lengkap, ini mungkin karena bupatinya perempuan. Perempuan itu suka detail, suka cerewet, tapi gakpapa selama cerewet positif. Semuanya diperhatikan,’’ ujar Puan.

Dia berpesan, agar gedung bisa dijaga kebersihannya, penggunaannya jangan sampai jadi kotor dan jorok.

Baca Juga: Siswa SMPN 1 Grogol Kesurupan di Dalam Kelas

Harus ada aturan penggunanya yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga gedung terpelihara dengan baik.

"Saya tanya Bu Bupati kenapa harus diresmukan sekarang. Ternyata sudah ada 10 orang yang mau pakai. Alhamdulilah, harusnya setelah diresmikan lebih banyak lagi penyewanya, sehingga bisa menambah PAD,’’ ujar cucu Bung Karno itu.

Baca Juga: Mbah Sehyem Bahagia, Rumahnya Rampung Direhab Tentara

Dia meminta agar agar patung di depan, sehingga mempunyai gedung pertemuan yang megah tapi sekaligus menjaga nama besar Presiden Pertama RI itu. Dia menyinggung soal karya besar Bung Karno seperti Monas dan GBK di Jakarta.

Sementara itu, Bupati Sri Mulyani mengatakan, Ghra Bung Karno dibangun dengan dana sekitar Rp 94 miliar, mulai tahun 2018 sampai tahun 2023. Ini akan menjadi ikon baru Klaten yang bisa meningkatkan PAD.

Baca Juga: Mandor Proyek Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Berutang Uang Makan Sampai Ratusan Juta

"Grha Bung Karno dibangun karena Pemkab Klaten belum punya gedung representatif dan berdaya tampung besar. Konsep arsiteknur kolonial dan diberi nama Graha Bung Karno agar selalu ingat sejarah perjuangan Beliau,’’ kata Sri Mulyani.

Gedung di Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah itu dibangun di lahan seluas 34000 meter persegi, dengan luas Gedung 4516 meter persegi dan berkapasitas 2400 orang.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dalam 5 Hari, Polres Klaten Sita 44.000 Petasan

Senin, 27 Maret 2023 | 19:59 WIB
X