Wujudkan Layanan Prima, BKD Karanganyar Luncurkan Aplikasi e-Pajak Daerah

- Jumat, 3 September 2021 | 14:18 WIB
Kepala BKD Karanganyar Kurniadi Maulato. (SMSolo/dok)
Kepala BKD Karanganyar Kurniadi Maulato. (SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Layanan pajak daerah bagi masyarakat Karanganyar bakal lebih mudah diakses, meski dari rumah.

Yakni dengan diluncurkannya aplikasi digital e-Pajak Daerah oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar, yang akan berlaku efektif mulai 6 September 2021.

Layanan e-Pajak Daerah merupakan salah satu sub bagian dari aplikasi Situs Portal Pelayanan Pajak Daerah (SiPP Pakde) milik BKD.

Baca Juga: Cocok untuk Diet. Mayonais Sehat dari Tahu Sutra Kreasi Mahasiswa UNS Surakarta

Aplikasi SiPP Pakde yang diluncurkan pada 14 Januari 2021 ini di-upgrade beberapa kali, agar cakupan layanannya lebih luas.

Kepala BKD Karanganyar Kurniadi Maulato mengatakan, dengan adanya layanan e-Pajak Daerah di aplikasi SiPP Pakde, masyarakat bisa mengakses informasi terkait perpajakan tanpa harus datang ke kantor.

Baca Juga: 13 September, Sukoharjo Mulai Gelar PTM Terbatas

Beberapa kemudahan yang bisa dinikmati masyarakat antara lain kemudahan mendaftar NPWP Daerah (NPWPD), pelayanan pajak daerah non BPHTB, hingga pelayanan pajak daerah BPHTB.

"Wajib pajak (WP) juga bisa mendapatkan kepastian layanan, karena pelayanannya berbasis otomatisasi digital. Ini akan menghilangkan stigma negatif, bahwa berurusan dengan pelayanan pajak itu rumit. Kehadiran aplikasi ini menggerus stigma itu," tuturnya.

Baca Juga: Suryo Nugroho dan Dheva Anrimusthi ke Semifinal Bulutangkis Paralympic Tokyo 2020

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

103 Keluarga Korban Bencana Alam Terima Santunan

Kamis, 6 Januari 2022 | 17:10 WIB
X