Warga Desa Sempu Dilatih Membuat Pupuk Organik dari Mahasiswa KKN UNS

- Senin, 6 September 2021 | 09:09 WIB
Mahasiswa KKN UNS bersama warga Desa Sempu sedang mengolah pupuk organik di Posko KKN kelompok 142, Sabtu (14/08/2021).(SMSolo/dok)
Mahasiswa KKN UNS bersama warga Desa Sempu sedang mengolah pupuk organik di Posko KKN kelompok 142, Sabtu (14/08/2021).(SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Warga Desa Sempu, Andong, Boyolali mendapat pelatihan pembuatan pupuk organik dari mahasiswa KKN UNS.

Suyatna, kepala Desa Sempu mengakui hampir seluruh penduduk desa Sempu berprofesi sebagai petani, terbukti dengan adanya kelompok tani “Tani Lestari”.

Hal inilah yang mendasari para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Kelompok 142 untuk memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik bagi warga setempat.

Baca Juga: UNS Siap Wadahi Kegiatan PBSI Surakarta

Pelatihan pembuatan pupuk organik dilakukan dalam dua tahap, baik sosialisasi dan praktik. Sosialisasi dilaksanakan pada Sabtu, 14 Agustus 2021, bertempat di Masjid Al-Mustaqim, Banaran.

Kegiatan bertajuk Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta, yakni hanya perwakilan dari lima RT yang ada di Dusun Banaran, Desa Sempu.

Baca Juga: Jokowi Berikan Selamat atas Capaian Dua Emas Indonesia pada Paralympic Tokyo 2020

Pembicara dalam sosialisasi itu dilakukan juga melalui layanan komunikasi video daring. Adapun praktik pembuatan pupuk organik, dilaksanakan pada Senin, 16 Agustus 2021.

Mengingat banyak warga desa Sempu yang memelihara hewan ternak, maka bahan utama pembuatan pupuk organik menggunakan kotoran ternak dan limbah organik.

Warga bersemangat mengolah pupuk sembari bertukar informasi mengenai pertanian dengan para mahasiswa KKN.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Diduga Korsleting Listrik, BTS di Simo Boyolali Terbakar

Selasa, 30 November 2021 | 14:19 WIB

Hantam Pagar Rumah, Nissan X-Trail Terbalik

Sabtu, 27 November 2021 | 20:12 WIB
X