41 Hektare Tanah akan Dibebaskan untuk Jaringan Irigasi Waduk Pidekso. Angfarannya Sebesar Ini

- Selasa, 7 September 2021 | 18:22 WIB
MEMERIKSA BENDUNGAN : Seorang petugas memeriksa bendungan Waduk Pidekso di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, beberapa waktu lalu.  (SMSolo/Khalid Yogi)
MEMERIKSA BENDUNGAN : Seorang petugas memeriksa bendungan Waduk Pidekso di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, beberapa waktu lalu. (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Sekitar 41 hektare tanah akan dibebaskan guna membangun jaringan irigasi Waduk Pidekso, Kabupaten Wonogiri.

Dana yang dibutuhkan untuk membebaskan lahan jaringan irigasi Waduk Pidekso Wonogiri itu mencapai Rp 148 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Irigasi Bendung Pidekso Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Annisa Hayu Widwiasih mengungkapkan, ada 816 bidang tanah yang akan terdampak.

Baca Juga: Waduk Pidekso di Giriwoyo akan Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Waktunya

"Pengadaan tanah irigasi Bendung Pidekso nanti ada yang tanah kas desa dan tanah masyarakat," katanya saat sosialisasi pembangunan Bendung Pidekso di Ruang Kahyangan Kompleks Setda Kabupaten Wonogiri, Selasa (7/9/2021).

Waduk yang menggenangi sebagian wilayah Desa Pidekso, Tukulrejo (Kecamatan Giriwoyo) dan Sendangsari (Kecamatan Batuwarno) itu diharapkan mampu mengairi daerah irigasi seluas 1.500 hektare.

Baca Juga: Tepi Pantai Waduk Gajahmungkur Dibikin Jalur Pedestrian

Daerah irigasi tersebut mencakup sebelas desa di Kecamatan Giriwoyo dan empat desa di Kecamatan Baturetno.

Pengadaan tanah untuk jaringan irigasi rencananya dilaksanakan tahun 2022 mendatang. Adapun pengerjaan bangunan saluran irigasinya dilakukan tahun 2023 mendatang.

"Saluran irigasinya nanti akan terbagi menjadi hantar kanan dan hantar kiri yang sumbernya dari Waduk Pidekso," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Mahasiswa UNS Meninggal Usai Mengikuti Diklat Menwa

Senin, 25 Oktober 2021 | 11:35 WIB
X