Pagi Melahirkan, Siang Ikut Ujian. Pengalaman Luar Biasa yang Dialami Ambarwati Peserta Seleksi PPPK

- Senin, 13 September 2021 | 16:30 WIB
Ambarwati menunjukkan surat tanda peserta ujian SKD PPPK di SMKN 2 Karanganyar, Senin (13/9). Wanita ini mengikuti ujian, setelah pagi harinya melahirkan anak pertamanya. (SMSolo/Irfan Salafudin)
Ambarwati menunjukkan surat tanda peserta ujian SKD PPPK di SMKN 2 Karanganyar, Senin (13/9). Wanita ini mengikuti ujian, setelah pagi harinya melahirkan anak pertamanya. (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Dari sekian banyak peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) 2021 di Karanganyar, mungkin hanya Ambarwati yang bakal memiliki kenangan paling berkesan seumur hidup.

Sebab, wanita 25 tahun itu harus mengikuti ujian yang dimulai pukul 13.00 di gedung SMKN 2 Karanganyar. Padahal pagi sebelumnya, pukul 04.55, ia baru saja melahirkan putra pertamanya secara normal.

Bisa dibayangkan, wanita asal Kalijambe, Sragen itu harus mengikuti ujian dengan kondisi fisik yang masih lemas, bahkan wajahnya masih terlihat pucat, karena hanya berselang beberapa jam dari proses persalinan yang dijalaninya.

Baca Juga: Strategi Vaksinasi di Boyolali Diubah, Gunakan Poros Desa

Ambarwati melahirkan bayi laki-laki secara normal dengan dibantu bidan desa di Kalijambe, Sragen. Ditemui sebelum pelaksanaan ujian, guru honorer di SMA Karanggede ini mengaku, kondisi fisiknya masih lemas.

"Badan masih sakit semua. Tapi ya dijalani saja," ujarnya.

Pengajar Bahasa Indonesia yang sudah 2 tahun 7 bulan menjadi guru honorer ini melamar untuk formasi yang kosong di SMAN Colomadu. "Jadi ya ujiannya di Karanganyar," tuturnya.

Istri dari Indra Wiyanto (26) ini sempat berpikir, bahwa waktu kelahiran anaknya akan mendekati hari ujian. Sebab, hari perkiraan lahir (HPL) si jabang bayi adalah 26 September.

Baca Juga: Hari Pertama PTM di Karanganyar, Siswa Senang Ketemu Guru dan Teman

"Tapi dua hari sebelum lahir, sudah kontraksi. Jadi ya, Bismillah, semoga tidak lahir di hari yang sama dengan tanggal ujian. Ternyata takdirnya lahir di hari ini," katanya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Demokrat Dukung Anak Muda Tampil Menjadi Pemimpin

Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:18 WIB

Rem Blong, Mobilio Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:28 WIB
X