DPC PKB Klaten Gelar Syukuran Terbitnya Perpres Pendanaan Pesantren

- Kamis, 16 September 2021 | 08:41 WIB
 DPC PKB Klaten menggelar tasyakuran atas turunnya Perpres No 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, Rabu (15/9/21).(SMSolo/Merawati Sunantri)
DPC PKB Klaten menggelar tasyakuran atas turunnya Perpres No 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, Rabu (15/9/21).(SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.comDPC PKB Klaten menggelar tasyakuran sederhana atas terbitnya Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren di kantor DPC PKB Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten, Rabu (15/9/21) malam.

Acara diadakan secara sederhana hanya dihadiri beberapa pengurus DPC PKB dan anggota Fraksi PKB DPRD Klaten. Mereka melakukan doa bersama dan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur.

"Alhamdulillah, Perpres Nomor 82 Tahun 2021 telah ditandatangani 2 September 2021. Terima kasih Bapak Joko Widodo dan KH Makruf Amin yang telah memperhatikan pesantren," kata Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Klaten H. Ahmad Mutohar, SAg.

Baca Juga: Belum Ada Kejelasan Soal Terbitnya Paspor Palsu Adelin Lis

Menurut Ahmad Mutohar yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Klaten itu, lahirnya Perpres tersebut tak lepas dari perjuangan panjang PKB melalui Fraksi PKB di DPR RI, yang didukung perjuangan Fraksi PKB DPRD Kabupaten/kota.

Sebelumnya, perjuangan panjang PKB dalam memperjuangkan eksistensi pesantren sebagai bagian dunia pendidikan di Indonesia, telah membuahkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

"Kami bersyukur dan bangga, perjuangan panjang berbuah manis. Alhamdulillah UU No 18 tahun 2019 telah ditindaklanjuti dengan terbitnya Perpres 82 tahun 2021. Ini menjadi kado terindah peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober mendatang," ujar Ahmad Mutohar.

Baca Juga: Camat Kebonarum Digondeli Warganya. Sri Mulyani Mengalah, Mudzakir Tidak Dipindah

Wakil Ketua Tanfidz DPC PKB Klaten Sri Hermoyo menambahkan, di Klaten ada sekitar 83 pesantren. Untuk realisasi dari Perpres 82 tahun 2021, PKB akan berperan aktif memantau realisasinya dan memberi pendampingan pada pesantren.

"Untuk realisasi kan ada persyaratan. Yang membuat kami prihatin, ada pesantren yang butuh bantuan tapi tidak bisa memenuhi persyaratan administratif. PKB akan mendampingi pesantren yang mengalami masalah seperti itu," ujar Sri Hermoyo.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X