Pemkab Sukoharjo Tawari Satu Keluaga yang Tinggal di Kolong Meja Wedangan Pindah ke Rusunawa

- Jumat, 17 September 2021 | 09:38 WIB
Petugas Dinas Sosisl Kabupaten Sukoharjo menyerahkan bantuan pada keluarga yang tinggal di warung di Kartasura. (SMSolo/dok)
Petugas Dinas Sosisl Kabupaten Sukoharjo menyerahkan bantuan pada keluarga yang tinggal di warung di Kartasura. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Kisah satu keluarga pasangan suami istri Cahyo Yulianto (50) - Wiwin Haryati (48) asal Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah yang tinggal dan tidur di kolong meja wedangan bersama delapan anaknya, mendapat perhatian Pemkab Sukoharjo.

Bupati Etik Suryani meminta Dinas Sosial (Dinsos) setempat mendatangi keluarga tersebut. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukoharjo Suparmin mengatakan, pihaknya sudah datang dan menemui keluarga itu serta memberikan bantuan.

Baca Juga: Daya Beli Turun Harga Telur Terpuruk, Peternak Rugi Jutaan Rupiah Perhari

Di antaranya, sembako, terpal, kids ware, food ware, family ware, seragam sekolah, peralatan dapur dan kasur. Kemudian memberikan bantuan uang tunai senilai Rp1 juta.

"Bantuan juga diberikan jaminan sosial Kartu Indonesia Sehat (KIS) seluruh anggota keluarga berjumlah 13 orang," kata Parmin.

Selain itu, Pemkab juga menawarkan tempat tinggal bagi satu keluarga tersebut ke rumah susun sewa sederhana (rusunawa) di Joho, Sukoharjo. Termasuk akan memfasilitasi pendidikan gratis bagi anak-anaknya.

Baca Juga: Covid-19 Melandai, Ruang Isolasi RSUD Bung Karno Kosong

Namun demikian pasutri tersebut menolak tawaran pemkab menempati rusunawa dengan alasan tak mau meninggalkan usaha wedangan yang sudah dijalani sejak lama di sana. Padahal Pemkab juga siap menarikan lahan jika yang bersangkutan ingin usaha jualan.

"Kini tinggal tiga orang anak yang belum masuk data penerima KIS dan dalam tahap diikutsertakan oleh Pemkab Sukoharjo."

Yang jelas, Pemkab sudah berusaha agar keluarga itu mendapatkan tempat yang layak. Namun sekali lagi, keluarga itu sejauh ini belum bersedia. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Kabupaten Sukoharjo Raih Penghargaan JDIHN

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:05 WIB
X