Akhirnya, Warga Klinggen Desa Guwokajen Sawit, Terima Uang Ganti Rugi Tol Yogya-Solo

- Senin, 20 September 2021 | 15:53 WIB
Warga Dukuh Klinggen menandatangani berkas pelepasan lahan sebelum menerima uang ganti rugi proyek tol Yogya-Solo. (SMSolo/Jok oMurdowo)
Warga Dukuh Klinggen menandatangani berkas pelepasan lahan sebelum menerima uang ganti rugi proyek tol Yogya-Solo. (SMSolo/Jok oMurdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo - Setelah ditunggu- tunggu, akhirnya warga terdampak tol Yogya-Solo di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Boyolali bisa bernafas lega.

Uang ganti rugi dibayarkan bertahap pada Senin-Selasa (20-21/9). Pembayaran ganti rugi dan pelepasan hak pengadaan tanah dilakukan di balai desa setempat.

Setelah ada penjelasan terkait teknis ganti rugi, sempat terjadi perdebatan lantaran pejabat pembuat komitmen (PPK) meminta pengosongan rumah dilakukan dalam kurun satu bulan.

Baca Juga: Anak Durhaka! Tak Diberi Uang untuk Beli Rokok, Tega Menganiaya Ibu Kandung

Warga meminta ada tenggat waktu untuk mengosongkan rumah lebih lama lantaran belum semua memiliki alternatif tempat tinggal baru. Apalagi, pembangunan rumah pengganti juga membutuhkan waktu lebih lama.

Akhirnya, dalam dialog disepakati bahwa waktu pengosongan lahan akan dinegosiasikan dengan pelaksana proyek. Ketua RT Dusun Klinggen, Guwokajen, Sawit, Aris Harjono mengungkapkan, pembebasan lahan di dukuhnya baru mencapai 90 persen.

Masih ada 9 bidang dalam proses pemberkasan. Pihaknya memahami jika penggatian uang ganti rugi belum bisa selesai semua.

Baca Juga: Komisi IV DPRD Sukoharjo Soroti Rendahnya Capaian Vaksinasi di Kecamatan Grogol

"Makanya, kami dan warga yang terdampak meminta agar ada tenggat waktu pembongkaran rumah. Paling tidak tiga bulan,” katanya.

Apalagi, saat ini sulit untuk menemukan hunian baru. Pasalnya, harga tanah sudah naik lebih dulu. Selain itu, pembangunan rumah baru diselesaikan dalam waktu tiga bulan.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Gara-gara Tabung Gas Bocor, Rumah Terbakar

Jumat, 7 Januari 2022 | 13:53 WIB
X