Berseragam Satpol PP, Gibran Terima Gelar Bangsawan dari Keraton Surakarta

- Senin, 20 September 2021 | 18:29 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) menerima gelar bangsawan di Keraton Surakarta, Senin (20/9/2021). (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) menerima gelar bangsawan di Keraton Surakarta, Senin (20/9/2021). (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menerima gelar bangsawan dari Keraton Surakarta, Senin (20/9/2021).

Uniknya, Gibran tak sempat melakukan persiapan khusus dan hanya berseragam Satpol PP saat mengikuti upacara adat penyerahan gelar tersebut.

Penyebabnya upacara pemberian gelar itu diikuti Gibran usai memimpin apel di Kantor Satpol PP dan meninjau vaksinasi di Keraton Surakarta.

Baca Juga: Terkendala Pembebasan Lahan, Proyek Tol Jogya-Solo Baru Mencapai 10 Persen

“Tadi memang tanpa persiapan. Tidak direncanakan karena saya mau cek vaksinasi, malah dapat gelar bangsawan. Tapi tidak apa-apa, malah dapat kesempatan bertemu Sinuhun (Raja Keraton Surakarta),” beber Gibran usai prosesi penyerahan gelar yang berlangsung tertutup.

Gelar yang diterima Gibran adalah Kanjeng Pangeran (KP) Widura Nagara. Jika disandingkan dengan gelarnya, nama lengkap putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menjadi KP Gibran Rakabuming Widura Nagara.

Baca Juga: Polri Kedepankan Tindakan Simpatik dalam Operasi Patuh Candi 2021

Berdasarkan informasi yang dihimpun suaramerdeka-solo.com, pemberian gelar bangsawan itu dilakukan PB XIII Hangabehi di Bangsal Paradya Keraton Surakarta.

Prosesi itu disaksikan sejumlah kerabat keraton, seperti permaisuri dan Pengageng Parentah Keraton Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusuma.

“Yang jelas saya merasa terhormat mendapatkan gelar ini.”

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Mahasiswa UNS Meninggal Usai Mengikuti Diklat Menwa

Senin, 25 Oktober 2021 | 11:35 WIB
X