Waterboom Dicoret, Sukoharjo Akan Bangun Taman Budaya Sukoharjo di Gayam

- Jumat, 24 September 2021 | 09:51 WIB
Pemerhati budaya di Kabupaten Sukoharjo dialog dengan Pimpinan DPRD dan anggota KOmisi IV dan Dinas Pendidikan di Gedung DPRD. (SMSolo/Heru S)
Pemerhati budaya di Kabupaten Sukoharjo dialog dengan Pimpinan DPRD dan anggota KOmisi IV dan Dinas Pendidikan di Gedung DPRD. (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat bakal membangun Taman Budaya di wilayah Kelurahan Gayam.

Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno mengaku banyak sekali masukan terkait dengan gedung kesenian. Namun demikian, setelah paparan dan menyesuaikan dengan visi-misi bupati, Taman Budaya lebih selaras.

"Jadi nanti akan dibangun Taman Budaya Sukoharjo (TBS) semacam Taman Budaya Jateng yang di Kota Solo. Jadi tidak hanya gedung kesenian, tetapi meliputi seluruhnya," jelas Darno.

Baca Juga: PON XX Papua: Tim Voli Putri Indoor Jateng Pertajam Persiapan Jelang Pertarungan

Di dalam TBS tersebut itu nantinya, lanjut dia, akan terdapat tempat teater tertutup, lokasi pameran seni, pentas budaya, lokasi permainan anak tradisional, tempat olahraga, taman dan sebagainya.

Sehingga dalam satu TBS tersebut ada berbagai macam arena atau lokasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan kata lain ada space untuk mewadahi aktivitas dan kreativitas masyarakat, khususnya budaya.

"Yang namanya budaya itu tidak hanya mewadahi seni saja. Tetapi ada berbagai macam termasuk manuskrip. Jadi kami pilih TBS bukan sekedar gedung kesenian," tandasnya.

Baca Juga: Muhammad Atta, Penderita Balita Jantung Bocor, Digendong Kasatlantas Boyolali

Terkait dengan luas lahan, Darno mengatakan ada sekitar 14.000 meter persegi lahan di wilayah Kelurahan Gayam, Sukoharjo yang dulunya diwacanakan untuk waterboom.

"Saat ini sudah masuk ULP (lelang) untuk DED-nya dengan anggaran sekitar Rp 500 juta. Nantinya proyeksi kami, tahun 2022 TBS sudah mulai digarap dengan estimasi anggaran sekitar Rp 6 miliar," ujarnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Kabupaten Sukoharjo Raih Penghargaan JDIHN

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:05 WIB

Polres Sukoharjo dan STTW Surakarta Teken MoU

Selasa, 23 November 2021 | 18:10 WIB
X