Antisipasi Paham Radikal Berkembang, Polres Sukoharjo Gelar Sarasehan Lintas Agama

- Rabu, 29 September 2021 | 09:28 WIB
Sarasehan lintas agama. (SMSolo/dok)
Sarasehan lintas agama. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com – Dalam rangka antisipasi berkembangnya paham radikalisme dan anti pancasila, Polres Sukoharjo menyelenggarakan kegiatan sarasehan lintas agama, Selasa (28/9/2021).

Hadir dalam sarasehan tersebut Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukoharjo Muh. Mualim, Ketua FKUB Sukoharjo Dr Zainul Abas, Wakil Sekretaris FKUB Ir Dominikus Linggarno, Ustadz Abdullah Ansori, serta Ketua PCNU Sukoharjo Khomsun Nur Arif.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, Negara Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan antar golongan. Dimana keadaan tersebut dapat berpotensi menimbulkan konflik dan masalah Kamtibmas.

Baca Juga: Pindah Kemendikbud, Kepala Disdik Klaten Wardani Sugiyanto Harus Mundur

"Keanekaragaman Indonesia ini, apabila tidak dikelola dengan baik, tentunya dapat menimbulkan gesekan-gesekan yang justru kontra produktif dengan pembangunan ekonomi, sosial, maupun budaya,” ungkapnya.

Namun, lanjut Kapolres, apabila keberagaman ini dapat dikelola dengan baik, akan menjadi potensi yang luar biasa. Baik di dalam sumber daya manusia maupun sumber ekonomi.

Menindaklanjuti keberagaman Indonesia ini, Polri sebagai penegak hukum, aparat yang diberi wewenang sebagai pemelihara Kamtibmas. Namun Polri tidak dapat bekerja sendiri.

Baca Juga: PSHT Cabang Karanganyar Desak Badan Kesbangpol Segera Terbitkan SKT

Tetapi memerlukan kerjasama dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan kondusifitas di tengah-tengah masyarakat.

“Dimana dengan tujuan akhir ketika kondusivitas sudah tercipta, pembangunan ekonomi, sosial, maupun budaya dapat berkembang, maka kemajuan dan kemakmuran masyarakat akan tercipta,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Gropyokan Tikus, Pemdes Pranan Berikan Bonus

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:46 WIB
X