Kabar Gembira! Jalur Pendakian Gunung Merbabu Segera Dibuka

- Kamis, 30 September 2021 | 14:05 WIB
Jalur pendakian ke Gunung Merbabu segera dibuka. (SMSolo/Joko Murdowo)
Jalur pendakian ke Gunung Merbabu segera dibuka. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Kabar menggembirakan bagi para pendaki gunung. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), akan segera membuka jalur pendakian di gunung Merbabu.

Namun demikian, para pendaki harus bersabar. Pasalnya, belum semua jalur pendakian dibuka. Sementara ini baru satu jalur yang akan dibuka mulai 5 Oktober 2021. Yaitu, jalur pendakian Thekelan di Kabupaten Semarang.

"Sementara (jalur pendakian) yang dibuka baru wilayah Kabupaten Semarang. Untuk yang di Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang, sedang berproses dan belum mendapatkan rekomendasi Gugus Tugas (Satgas COVID-19),” kata Kepala BTNGMb, Junita Parjanti, Kamis (30/9).

Baca Juga: Tolak Tandatangan, DPC PKB Nilai Sikap Kadernya di DPRD Sragen Kurang Tepat

Diungkapkan, BTNGMb juga telah mengeluarkan pengumunan nomor PG.14/35/TU/TEK/09/2021 tentang pembukaan wisata Taman Nasional Gunung Merbabu wilayah Kabupaten Semarang, tertanggal 28 September 2021.

Pembukaan pendakian ini didasarkan pada Instruksi Bupati Semarang nomor 28 tahun 2021 tentang PPKM level 2 dan surat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang nomor 556.1/0934 tanggal 21 September 2021 perihal reaktivasi jalur pendakian Gunung Merbabu wilayah Kabupaten Semarang.

Berdasarkan hal tersebut, jelas Junita, seluruh obyek wisata pendakian dan non pendakian di wilayah Kabupaten Semarang akan dibuka mulai 5 Oktober. Kecuali untuk obyek wisata Kalipasang.

“Tetap dengan prokes ketat juga pedulilindungi.”

Baca Juga: Bertekad Keluar dari Status PPKM Level 3, Pemkab Sukoharjo Targetkan Capaian Vaksin 70 Persen

Bagi yang ingin mendaki, lanjut dia, pendaftaran melalui mekanisme booking online melalui situs www.tngunungmerbabu.org pada menu pendaftaran online. Jumlah pengunjung pun masih dibatasi hanya 25 persen dari maksimal kuota.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X