Masuk PPKM Level 2, Sragen Targetkan Vaksinasi 70 Persen Tercapai

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 12:50 WIB
Seorang peserta menjalani vaksin kedua di Aula Gedung Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Setda Sragen. Vaksinasi yang dilaksanakan Selasa (5/10) diikuti 700 peserta.(Foto: SMSolo/Anindito AN)
Seorang peserta menjalani vaksin kedua di Aula Gedung Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Setda Sragen. Vaksinasi yang dilaksanakan Selasa (5/10) diikuti 700 peserta.(Foto: SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Sragen menargetkan pekan depan target 70 persen vaksinasi warga Sragen, tercapai. Vaksinasi di Sragen per Selasa (5/10) sudah mencapai 62,5 persen.

Saat ini masih ada 40.000 vaksin dosis II dan 60.000 vaksin dosis I. Untuk mengejar 70 persen vaksinasi, sebanyak 100.000 vaksin dosis I dan II itu akan dihabiskan pekan depan.

"Untuk saat ini PPKM Sragen turun level 2, sedangkan untuk vaksinasi pekan depan kami sudah bisa menggapai 70 persen," tutur dr Hargiyanto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, Selasa (5/10).

Baca Juga: Covid-19 di Boyolali Hari Ini: 241 Desa Masuk Zona Hijau, Tinggal Satu Desa Zona Merah  

Waktu sepekan, kata dia, cukup untuk mengejar angka 70 persen vaksinasi. Terlebih melihat capaian vaksinasi yang gencar dilakukan puskesmas, rumah sakit, TNI/Polri, komunitas masyarakat dan partai, Hargiyanto meyakini pekan depan 70 persen vaksinasi bisa tercapai.

Setelah memperoleh capaian 70 persen, lanjut Hargiyanto maka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Sragen bisa masuk level I. Tapi untuk PPKM level 1 nanti yang menentukan pemerintah pusat.

Baca Juga: Angka Kematian Menurun dan Vaksinasi Di Atas 70 Persen, Akhirnya Klaten Turun Ke Level 2

"Persyaratan PPKM level I, indikatornya harus ada penurunan kematian pasien Covid-19, penurunan kasus terkonfirmasi, penurunan Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit serta vaksinasi mencapai 70 persen," imbuhnya.

Yang jelas, tugas menanggulangi penyebaran Covid-19 itu sangat berat. Karena hal itu adalah misi untuk menyelamatkan bangsa. Juga menyelamatkan perekonomian, kesehatan, dan pendidikan untuk masyarakat.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait PPKM 2. Di antaranya tempat rekreasi sudah dibuka dengan penerapan prokes, toserba buka dengan prokes dan batas operasional yang ditentukan, serta hajatan dengan prokes dan peserta terbatas.**

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Kecelakaan Karambol terjadi di Sumberlawang, Sragen

Kamis, 11 November 2021 | 11:19 WIB
X