Terkena Tol Jogya- Solo, Warga Klinggen, Sawit Boyolali Cari Rumah Pengganti

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 13:50 WIB
Pekerja proyek tol Yogya- Solo mengecek jembatan darurat untuk melintas kendaraan proyek di atas Sungai Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Pekerja proyek tol Yogya- Solo mengecek jembatan darurat untuk melintas kendaraan proyek di atas Sungai Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Pasca penerimaan uang ganti rugi (UGR) proyek tol Jogya-Solo, warga Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit mulai mencari rumah pengganti.

Karena tak ada program relokasi bersama, maka perpindahan pun terpencar. Sebagian bisa pindah masih dalam lingkup satu dukuh setempat, namun sebgaian lagi pindah ke lain desa, bahkan lain kecamatan.

Parmo (70) misalnya, dia tak harus pindah dari Dukuh Klinggen. Dia mengaku beruntung bisa membeli sebidang tanah seluas 300 meter persegi di dukuh tersebut.

Baca Juga: PON XX Papua: Panahan Jateng Pecah Telur, Menyabet Emas Compound Mix Team

“Saat ini tanah sudah diratakan dan siap untuk dibangun rumah. Harga masih murah karena milik kerabat sendiri, berkisar Rp 500.000/meter persegi,” katanya, Rabu (6/10).

Ketua RT 06 Rw 02, Dukuh Klinggen, Aris Harjono mengungkapkan, harga tanah kini melonjak tajam seiring adanya proyek tol tersebut. Harga tanah yang semula hanya Rp 300.000 – Rp 500.000/meter persegi, kini menjadi Rp 1 juta/ meter persegi.

“Jadi warga harus pintar- pintar memanfaatkan uang ganti rugi yang diterima.”

Baca Juga: Status PPKM Turun ke Level 2, Bupati Sukoharjo Keluarkan Instruksi Baru. Karaoke, Spa Tetap Tutup

Dari total 57 kepala keluarga, sebagian besar pindah ke lain daerah dengan membeli rumah pengganti. Ada pula yang bisa membeli rumah atau tanah di Dukuh Klinggen sehingga tak perlu pindah jauh.

Kini tinggal 9 orang belum menerima UGR karena ada kendala administrasi. ”Saat ini masih proses.”

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Polres Boyolali Sita Ribuan Botol Miras

Senin, 24 Januari 2022 | 15:06 WIB

Banjir Rendam 22 Ruko di Banyudono, Boyolali

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:34 WIB

Kecamatan Gladagsari, Boyolali Punya Kantor Baru

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:06 WIB
X