Cegah Kualitas Turun, SMKN 1 Mondokan Terapkan Teori dan Praktik Selama PTM

- Senin, 11 Oktober 2021 | 14:37 WIB
Para siswa di SMKN 1 Mondokan menerapkan langsung praktik balancing ban dan spooring mobil di workshop milik sekolah setempat, Senin(11/9).(SMSolo/Anindito AN)
Para siswa di SMKN 1 Mondokan menerapkan langsung praktik balancing ban dan spooring mobil di workshop milik sekolah setempat, Senin(11/9).(SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Untuk mencegah kualitas siswa menurun saat Pandemi Covid-19, SMK Negeri 1 Mondokan Sragen menerapkan pembelajaran teori yang dibarengi praktik.

Penerapan teori dan praktik itu diterapkan di empat jurusan yang dimiliki SMKN 1 Mondokan selama dilaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Selama PTM dari 1.361 siswa hanya 30 persen yang masuk sekolah secara bergiliran.

Empat jurusan yang mengikuti teori dan praktik dengan bimbingan guru itu meliputi Teknik Komputer & Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Tata Busana (TB) dan Teknik Pengelasan (TP).

Baca Juga: FH UNS Surakarta Terima Smart Board Mini Court dari MK RI

"Dengan kegiatan belajar teori langsung praktik itu, maka siswa diharapkan bisa mengejar ketertinggalan selama pemberlakuan belajar di rumah secara daring," tutur Ahmad Dahlan SPd MPd, Kasek SMKN 1 Mondokan, Senin (11/10).

Ahmad Dahlan didampingi Wakasek Bidang Kurikulum Mugiono memaparkan model itu menjadi model pembelajaran perpaduan PTM, teori dan praktik, serta daring.

"Ke depan pembelajaran akan dilakukan seperti itu, jika Pandemi Covid-19 belum reda."

Baca Juga: Tiga Siswa SMP Muhammadiyah PK Berlaga di KSN Provinsi

Mugiono menambahkan, karena terlalu lama daring, ada siswa Tata Busana yang tidak sempat melihat bahan dan melakukan praktik. Sehingga kesempatan PTM itu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menerapkan teori dan praktik sekaligus. Tidak hanya di TB saja, namun juga di TKJ, TKRO dan TP.

Diakui kalau hanya belajar daring atau belajar teori, maka tidak cukup bagi SMK untuk membekali siswanya. Sehingga siswa dibekali praktik nyata selama PTM dalam situasi PPKM Covid-19 level 2 itu.

Aan Mei Yazuki, Ketua Program TKRO mengungkapkan, karena jam pelajaran di sekolah selama PTM terbatas antara pukul 07.00 WIB- Pk 11.00 WIB. Sehingga materi teori yang diberikan bisa diterapkan dalam praktik.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Kecelakaan Karambol terjadi di Sumberlawang, Sragen

Kamis, 11 November 2021 | 11:19 WIB
X