Jelang Musim Hujan, Relawan Kebencanaan Harus Lebih Waspada

- Senin, 11 Oktober 2021 | 19:20 WIB
 Peserta kegiatan Sosialisasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi Rawan Bencana di pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (11/10), mengikuti pelatihan mendirikan tenda darurat. (SMSolo/Irfan Salafudin)
Peserta kegiatan Sosialisasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi Rawan Bencana di pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (11/10), mengikuti pelatihan mendirikan tenda darurat. (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Jelang musim hujan, segenap unsur relawan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah diminta waspada.

Pasalnya, sejumlah wilayah di kabupaten Bumi Intanpari termasuk daerah rawan bencana. Mulai dari rawan bencana tanah longsor, banjir, hingga puting beliung.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bagoes Darmadi, di sela kegiatan Sosialisasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi Rawan Bencana di pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (11/10).

Baca Juga: Laka Maut !! KLX Tabrak Bemper Truk, Pembonceng Meninggal dengan Luka Parah di Kepala

Kegiatan itu diikuti 90 orang dari unsur relawan, kecamatan dan instansi terkait, sebagai bagian dari upaya penanggulangan bencana di wilayah rawan.

"Sebentar lagi November. Biasanya, saat November, intensitas hujan cukup tinggi. Karena itu, kami minta semua unsur penanggulangan kebencanaan bersiap. Mewaspadai potensi bencana di wilayah masing-masing," katanya.

Menurutnya, setiap wilayah di Karanganyar memiliki potensi kerawanan tersendiri. Seperti di wilayah Tawangmangu. Jenawi, maupun kawasan 4 J (Jumantono, Jumapolo, Jatiyoso, Jatipuro), termasuk kawasan rawan tanah longsor.

Baca Juga: Jaga Performa, Skuad Persika Karanganyar Intensif Latih Tanding Hingga H-5 Jelang Kick Off Liga 3

Sementara di area Jaten hingga Kebakkramat, beberapa titik wilayahnya rawan banjir.

"Kami harap, dari pelatihan hari ini, relawan dan unsur terkait lebih sigap dalam penanggulangan maupun bertindak, jika terjadi bencana," tuturnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X