Menteri Pertanian Menilai Sukoharjo Sukses Kembangkan Pola Tanam IP400

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:39 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Sukoharjo Etik Suryani berbincang dengan petani saat panen raya di Desa Tegalsari, kecamatan weru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (12/10). (SMSolo/dok)
Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Sukoharjo Etik Suryani berbincang dengan petani saat panen raya di Desa Tegalsari, kecamatan weru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (12/10). (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Kabupaten Sukoharjo dinilai berhasil mengembangkan lahan padi dengan pola tanam IP400. Hal itu dibuktikan dengan panen raya serentak di lahan seluas 2.000 hektar.

Karena itu, dalam kunjungan panen raya di Desa Tegalsari Kecamatan Weru, Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo meminta produktivitas padi Sukoharjo dinaikkan.

Yakni dengan memaksimalkan produktivitas lahan dengan empat kali panen empat kali masa tanam dalam satu tahun.

Baca Juga: Juliyatmono Targetkan Capaian Vaksinasi 104 Persen pada Momentum Hari Jadi Karanganyar

"Kabupaten Sukoharjo dinilai berhasil mengembangkan lahan padi dengan pola tanam IP400. Luasan lahan seluas 2.000 hektare yang dijadikan percontohan IP400, hari ini dipanen serentak. Dimana lahan yang dipola empat kali masa tanam dalam satu tahun," jelas Mentan di sela-sela kunjungan, Selasa (12/10).

Dijelaskan, dalam setiap panen satu hektare lahan padi bisa menghasilkan sembilan ton gabah kering giling. Jika dinominalkan, petani bisa mengantongi hasil diatas Rp30 juta.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Boyolali Makin Melandai. Tinggal Satu Pasien Dirawat di RSUPA

Di samping itu, lahan IP400 di Sukoharjo bisa menjadi contoh bagi pengembangan pertanian daerah lain. Karena itu Kementan menaikkan target lahan IP400 menjadi 5.000 hektare pada 2022 mendatang.

Tentunya, hal tersebut ditunjang dengan mekanisasi dan menejemen yang baik mulai dari budidaya hingga pemasaran.

"Yang penting ada konsentrasi lahan yang dipersiapkan oleh daerah, maka mekanisasi pertanian akan mengikuti. Daerah lain harus bisa mengikuti apa yang dicapai Sukoharjo," bebernya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X