Danramil di Klaten Buat Prasasti Dengan Batu 2 Ton, Buat Apa?

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:44 WIB
Prasasti batu di Makoramil 15/ Polanharjo Klaten.  (SMSolo/Achmad Husein)
Prasasti batu di Makoramil 15/ Polanharjo Klaten. (SMSolo/Achmad Husein)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Plh Komandan Koramil 15 Polanharjo, Klaten, Lettu Inf Ngabdul Kurnen membuat prasasti dengan sebongkah batu seberat 2-5 ton.

Prasasti itu dibuat gegara kagum dengan sosok Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman.

"Saya ziarah dulu ke makam jenderal Sudirman bersama keluarga sebelum buat ini. Sebagai tentara rakyat, tentara pejuang saya harus tahu cikal bakal," ungkap Lettu Inf Ngabdul Kurnen, Rabu (13/10/2021) siang.

Baca Juga: Sukoharjo Digelontor Alsintan oleh Menteri Pertanian

Dijelaskan Kurnen, baginya Sudirman adalah sosok yang istimewa yang dikaguminya sejak kecil. Bahkan mungkin tidak ada yang bisa mengikuti jejak perjuangannya. Dari rasa kagumnya itu, saat menjadi PLH Danramil dirinya punya ide membuat prasasti berbahan batu.

Batu didapatkan dari Gunung Merapi. Batu itu, sebut perwira yang kenyang bertugas di Ambon dan Papua itu cukup berat dan didatangkan dengan truk ke Koramil. Batu itu semacam batu andesit atau granit dengan berat 2-5 ton.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Tindaktegas Pinjol Ilegal yang Resahkan Masyarakat

"Batu ini jenis granit sepertinya dan berat 2-5 ton, di potong dengan gerinda tidak bisa dan pisaunya patah. Ditata dengan melibatkan 50 orang, TNI dan dibantu masyarakat sekitar, dari mencari bahan sampai selesai 1 Oktober butuh waktu dua bulan pembuatan," ujar Kurnen.

Menurut Kurnen, pada batu prasasti itu dituliskan kata- kata mutiara dari Jenderal Sudirman. Kalimat mutiara itu sangat mendalam isinya.

Dia ingin orang tahu ada kata mutiara dari Jenderal Sudirman yang sangat mendalam yaitu kalimat "Kami Tentara Republik Indonesia akan Timbul Tenggelam bersama negara".

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kodim Klaten Sosialisasikan Aplikasi ILMCI

Jumat, 8 Oktober 2021 | 08:02 WIB
X