Bupati Sukoharjo Jawab Pertanyaan Fraksi di DPRD Terkait Dana Cadangan Pilbup 2024 Rp 40 Miliar

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:03 WIB
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukoharjo dengan agenda Jawaban Bupati atas Dana Cadangan Pilbup 2024, Kamis (14/10). (SMSolo/Heru S)
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukoharjo dengan agenda Jawaban Bupati atas Dana Cadangan Pilbup 2024, Kamis (14/10). (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Bupati Sukoharjo Etik Suryani memberikan jawaban atas pertanyaan fraksi-fraksi di DPRD Sukoharjo terkait dengan Raperda Dana Cadangan Pilbup 2024 senilai Rp 40 miliar.

Dalam Rapat Paripurna di DPRD, Bupati Etik menjelaskan, alokasi dana Rp 40 miliar itu mendasarkan pada perkiraan kebutuhan yang direncanakan oleh KPU, Bawaslu, Polres, Kodim, Satpol PP dan memperhatikan kemampuan keuangan daerah serta anggaran Pilbup sebelumnya.

"Apabila tidak mencukupi, maka kekurangan pembiayaan didanai dari dana tahun anggaran berkenaan," kata Bupati menjawab pertanyaan Fraksi PDIP dan Fraksi PKS.

Baca Juga: Arab Saudi Beri Sinyalemen Buka Akses Umrah bagi Jemaah Indonesia

Selain itu, angka dana cadangan dihitung berdasarkan estimasi Pemkab dengan mempertimbangkan kemampuan daerah serta memperhatikan usulan hibah yang diajukan Ketua KPU No.177/PP.01.1-KU/3311/KPU-Kab/VI/2021 tanggal 9 September 2021.

Sedangkan jawaban atas pertanyaan Fraksi Golkar, bupati menyebutkan pagu tersebut masih bersifat indikatif. Mengingat pelaksanaan pilbup masih berlangsung tiga tahun ke depan.

Baca Juga: Cakupan Digitalisasi Transaksi Keuangan di Karanganyar Akan Diperluas

"Angka definitif nantinya akan disesuaikan dengan standar harga pada tahun pelaksanaan pilbup. Penyediaan dana itu merupakan bagian dari manajemen keuangan Pemda," jelas Etik.

Terkait dengan pertanyaan apabila Pilbup serta Pilgub dilaksanakan pada hari yang sama, lanjut bupati, prinsipnya kegiatan pelaksanaan Pilbup hanya untuk mendanai kebutuhan pilbup bukan Pilgub.

Baca Juga: Bupati Klaten Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya 2020

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X