Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2021, Ini Pesan Bupati Sukoharjo

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:53 WIB
Bupati Sukoharjo, Wakil Bupati dan Sekda menunjukkan penghargaan KLA tahun 2021. (SMSolo/Heru S)
Bupati Sukoharjo, Wakil Bupati dan Sekda menunjukkan penghargaan KLA tahun 2021. (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Kabupaten Sukoharjo kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Madya tahun 2021.

Penghargaan KLA ini merupakan kali kelima diterima Sukoharjo dimana tiga penghargaan merupakan KLA Pratama dan dua lainnya KLA kategori Madya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Sukoharjo, Proboningsih Dwi Danarti mengatakan, penghargaan KLA Pratama diterima pada tahun 2015, 2017, dan 2018.

Baca Juga: Jumlah UMKM Sukoharjo Meledak Jadi 350.000 Selama Pandemi dan Munculnya BPUM

Untuk tahun 2019, Sukoharjo berhasil mendapatkan KLA Madya dan penghargaan sama kembali diterima tahun ini.

"Parameter penilaian untuk KLA sangat banyak dan melibatkan banyak OPD, jadi tidak hanya di DP3AKB saja. Mau naik level saja sangat sulit," ujarnya.

Menurutnya, dibutuhkan kolaborasi semua pemangku kepentingan OPD, dunia usaha, LSM, swasta, dan masyarakat. Untuk penilaian sendiri ada lima klaster dan 26 indikator pemenuhan hak anak yang harus dipenuhi dan diampu oleh OPD-OPD.

Baca Juga: Hama Tikus Mengamuk. Serang Tanaman Buah- buahan di Wonosamodro, Boyolali

Probo mencontohkan pemenuhan hak anak soal akta kelahiran. Nah, terkait masalah itu kolaborasinya dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Selain itu, masih banyak lagi indikator lain yang harus dipenuhi, seperti ruang bermain anak, Sekolah Ramah Anak (SRA), dan lainnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Sukoharjo Raih Penghargaan JDIHN

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:05 WIB
X