Sistem Kesehatan Kurang Ideal, Boyolali Siapkan Pos Kesehatan di Tiap RT

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:35 WIB
Insan Adi Asmono. (SMSolo/Joko Murdowo
Insan Adi Asmono. (SMSolo/Joko Murdowo

 

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Upaya peningkatan pelayanan kesehatan terus digagas Pemkab Boyolali. Salah satunya dengan mendirikan pos kesehatan di setiap wilayah RT.

"Saya menilai, sistem kesehatan yang ada saat ini kurang ideal. Betul ada Posyandu, namun pendekatannya berbeda- beda. Ada Posyandu balita, Posyandu lansia, remaja. Lalu ada lagi Germas, jadi tidak efisien,” ujar Asisten II Bidang Pereknomian dan Pembangunan Boyolali, Insan Adi Asmono, Selasa (19/10).

Baca Juga: UNS Surakarta Dampingi UKM Topeng Batik Kayu Manunggal Gunungkidul

Ketidakefektifan itu akan dikendalikan dengan membuat satu pos kesehatan di tiap RT. Jadinya, semua pos dilebur dan dijadikan satu. Pos kesehatan yang ada sekaligus mencakup balita, remaja, lansa dan gerakan kesehatan lainnya.

Sehingga ketika ini terjadi, Puskesmas membuat perjanjian kapitasi berbasis kinerja, kontak langsung dengan masyarakat yan tersebar di RT- RT.

"Pos kesehatan RT memiliki peran strategis bagi pengembangan kesehatan masyarakat. Total jumlah RT di seluruh Boyolali sebanyak 6.649."

Baca Juga: Sukoharjo Enam Kali Berturut-turut Raih Opini WTP dari BPK RI

Ditambahkan, pembangunan pos kesehatan di tiap Rt merupakan abgian program pembangunan berbasis lingkungan yang mulai dikembangkan Pemkab Boyolali. Masyarakat dilibatkan aktif dalam pembangunan ini dengan sejumlah parameter.

"Boyolali sudah mulai melangkah ke depan, terkait dengan mulai dilaksanakannya program Monitoring Center for Development (MCD) atau pusat kendali pembangunan yang berbasis lingkungan di tingkat RT."

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Ruko di Cepogo Boyolali Dibobol Maling

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:36 WIB

Diduga Korsleting Listrik, BTS di Simo Boyolali Terbakar

Selasa, 30 November 2021 | 14:19 WIB

Hantam Pagar Rumah, Nissan X-Trail Terbalik

Sabtu, 27 November 2021 | 20:12 WIB
X