Tipu 14 Korban Bermodus Investasi, Wanita Muda asal Mojolaban Diamankan Polres Sukoharjo

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:25 WIB
Tersangka investasi bodong digiring petugas Polres Sukoharjo. (SMSolo/Heru S)
Tersangka investasi bodong digiring petugas Polres Sukoharjo. (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Polres Sukoharjo membongkar kasus investasi bodong dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah dari 14 korban.

Seorang wanita berinisial ASR (25), warga Dukuh Cangkol RT 03/08, Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo diamankan. Modus yang digunakan adalah menawarkan investasi dengan keuntungan besar.

Namun, investasi yang ditawarkan belakangan diketahui investasi fiktif alias bodong. Total kerugian yang dialami para korban mencapai Rp 299,7 Juta.

Baca Juga: Polda Jateng Bongkar Sindikat Pinjol ilegal. Ini Modus Yang Digunakan Pelaku

Wakpolres Sukoharjo Kompol Teguh Prasetyo mewakili Kapolres AKBP Wahyu Nugroho mengatakan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari laporan 14 korban ke Polres Sukoharjo.

"Penipuan berkedok investasi tersebut berawal ketika pelaku mengunggah di Instagram terkait investasi yang diadakan pelaku. Warga yang tertarik kemudian dimasukkan dalam grup Whatsapp (WA) Investasi ASR. Pelaku menjelaskan tentang investasi tersebut," jelas Wakapolres.

Pelaku menjual slot investasi pada anggota grup. Setiap slot dijual Rp 350 ribu dengan menawarkan keuntungan 43% per delapan hari. Sehingga setiap pembelian satu slot Rp350 ribu akan mendapat pengembalian Rp500 ribu pada hari ke delapan.

Baca Juga: Sukoharjo Enam Kali Berturut-turut Raih Opini WTP dari BPK RI

"Ada 14 anggota grup yang ikut dalam investasi tersebut dengan total investasi Rp299,7 juta."

Kasatreskrim AKP Tarjono Sapto Nugroho menambahkan, selama ini pelaku tidak memiliki itikad baik untuk mengembalikan uang korban, justru pelaku melarikan diri. Dia berada di rumah kontrakan di Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Sukoharjo Raih Penghargaan JDIHN

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:05 WIB
X