'Bajingan' Ingin Gerobak Sapi Jadi Ikon Wisata Klaten

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:20 WIB
Para pemilik gerobak sapi menggelar pertemuan di Temuireng, Jatinom, Klaten, sambil membawa gerobak dan sapi tungganan. (SMSolo/Mera S)
Para pemilik gerobak sapi menggelar pertemuan di Temuireng, Jatinom, Klaten, sambil membawa gerobak dan sapi tungganan. (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Bagusing Jiwo Angenne Pangerana yang disingkat Bajingan, yang merupakan paguyuban pemilik gerobak sapi di Klaten ingin gerobak sapi menjadi alat transportasi ikon wisata Klaten.

Dalam pertemuan yang digelar Selasa (19/10/21), kelompok yang diketuai Widodo itu menggelar pertemuan di Desa Temuireng, Kecamatan Jatinom, Klaten

Para Bajingan berkumpul membuat Paguyuban untuk melestarikan transportasi lokal tradisional.

Baca Juga: 10 Pedagang Makanan di Klaten Tertipu Pesanan Palsu

Mereka ingin nguri-uri angkutan tradisional sekaligus untuk meningkatkan kecintaan terhadap peninggalan kakek dan orang tuanya. Mereka berharap gerobak sapi bisa menyumbang atraksi pariwisata.

"Pertemuan di Temuireng, Jatinom dihadiri sekitar 100 orang dari Klaten, dan ada juga yang datang dari Boyolali. Kami ingin menjalin silaturahmi setelah 2 tahun masa pandemi tidak saling silaturahmi," kata Widodo warga Temuireng Jatinom.

Mereka membawa sekitar 25 gerobak sapi dan 10 ekor sapi tunggang. Danang Heri Subyantoro salah satu tamu undangan mengaku sangat senang bisa berkumpul dengan pemilik gerobak sapi. Dia bahkan sempat menjajal naik salah satu sapi.

Baca Juga: Pelestarian Habitat Burung Hantu Tyto Javanica Jadi Andalan Halau Hama Tikus

"Saya mendukung angkutan tradisional gerobak sapi bisa menjadi ikon wisata klaten, seperti di Rawa Jombor. Mereka sudah survei ke Rawa Jombor, gerobak sapi bisa untuk mengangkut wisatawan keliling rawa,’’ jata Danang.

Dia sempat berpikir, bagaimana membawa gerobak sapi ke Rawa Jombor yang jaraknya jauh. Ternyata, pemilik gerobak sapi sudah mempunyai cara, mereka akan membawa sapi dengan pick up, dan gerobak bisa ditarik mobil.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X