Sentra Pembibitan Kopi Zaman Belanda Ada di Gondosini Wonogiri

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:09 WIB
 seorang petani memeriksa tanaman kopi yang ditanam di antara sayuran, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. (SMSolo/Khalid Yogi)
seorang petani memeriksa tanaman kopi yang ditanam di antara sayuran, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Salah satu wilayah di Kabupaten Wonogiri pernah menjadi sentra pembibitan kopi di zaman penjajahan Belanda. Daerah tersebut bernama Gondosini yang kini masuk di wilayah Desa Conto, Kecamatan Bulukerto.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cinta Conto Desa Conto, Asef Indrianto mengungkapkan, Mangkunegaran membangun pembibitan kopi di Gondosini sekitar tahun 1850 silam.

"Pembibitan kopi Gondosini letaknya di sekitar sungai Gondosini," katanya, Rabu (21/10).

Baca Juga: Waspada. Pencucian Uang di Masa Pandemi Berpotensi Meningkat

Pembibitan kopi semakin berkembang hingga ke beberapa lokasi di sekitar Gondosini. "Nama Conto muncul setelah Gondosini. Kata 'conto' berasal dari 'percontohan' karena desanya dijadikan kebun percontohan kopi," terangnya.

Nama-nama tempat atau dusun lain juga mempunyai keterkaitan dengan kopi Gondosini. Dia mencontohkan nama Dusun Kopen muncul karena daerahnya menjadi tempat menanam kopi, nama Godang muncul karena daerahnya mempunyai gudang kopi.

Sedang nama Tampahan muncul karena daerahnya dijadikan tempat untuk menampah atau menyemai kopi.

Baca Juga: Ribuan Warga Boyolali Ikuti Vaksinasi di Kecamatan Banyudono

Asef mengungkapkan, kakeknya datang ke Desa Conto sekitar tahun 1880. Dia lalu diangkat menjadi ronggo atau setara kepala desa hingga sekitar tahun 1900. Selain mengampu wilayah, kakeknya juga berperan mengawasi perkebunan kopi.

Namun, Asef belum mengetahui secara pasti mengapa Mangkunegaran memilih desa di lereng selatan Gunung Lawu tersebut sebagai sentra pembibitan kopi. "Apa mungkin karena ketersediaan airnya, apa karena cuacanya kami belum tahu," ujarnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pedestrian Tepi Pantai Waduk Gajahmungkur Dioperasikan

Minggu, 5 Desember 2021 | 19:33 WIB

UMK Wonogiri Tahun 2022 Naik Sebesar 12 Ribu Rupiah

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:14 WIB

Imron Rizkyarno Terpilih Jadi Ketua FORKI Wonogiri

Minggu, 28 November 2021 | 16:15 WIB

Sekeliling Waduk Pidekso akan Dijadikan Sabuk Hijau

Kamis, 25 November 2021 | 15:56 WIB

Mau Mengakses Data KPU Wonogiri, Klik Ini Aja

Senin, 22 November 2021 | 13:34 WIB
X