Alat Berat Diturunkan ke Rawa Jombor, Penertiban Dimulai

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB
Sosialisasi revitalisasi Rawa Jombor di Klaten. (SMSolo/Achmad Husein)
Sosialisasi revitalisasi Rawa Jombor di Klaten. (SMSolo/Achmad Husein)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Alat berat berupa ekskavator dan kapal tongkang disiagakan ke Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten.

Pembersihan rawa dalam rangka revitalisasi oleh balai besar sungai Bengawan Solo (BBSWBS) dibantu TNI akan dimulai.

Kabid Pelaksanaan Jaringan Sumberdaya Air BBSWBS, Naryo Widodo usai sosialisasi dan selamatan dalam rangka revitalisasi Rawa Jombor di arena kuliner rawa, Kamis (21/10) siang menjelaskan, penataan akan dimulai Jumat dengan penataan karamba lebih dahulu yang berada di kewenangan BBSWBS dan TNI mendampingi.

Baca Juga: 5.680 PKLW di Karanganyar Terima BLT untuk Modal Usaha. Penyalurannya Via Kodim 0727 Karanganyar

"Yang dikerjakan TNI penataan di komunitas, meliputi warung apung dan pemancingan. Rencana karamba, warung apung dan pemancingan nanti dipindah ke spil way tapi sementara di tengah rawa dulu karena lokasi spil way akan kami dalamkan dulu," terang Naryo.

Menurut Naryo karamba, warung apung, dan pemancingan akan direlokasi ke lahan rawa seluas 8 hektare. Tapi karamba ikan yang tidak tertampung di luasan itu dan ada ikan dibiarkan sampai panen.

"Ikan-ikan yang tidak tertampung di lahan 8 hektare itu akan dibiarkan sampai panen. Setelah dipanen harus segera dibongkar, kasihan karena masih ada ikannya," kata Naryo.

Untuk pengerukan sedimen, imbuh Naryo, juga segera akan dilakukan. Karena sesuai rencana sebelum Desember harus selesai.

Baca Juga: Pelaku Pinjol Ditangkapi, tapi Pesan Tawaran Pinjol Masih Marak

Komandan Kodim 0723/ Klaten, Letkol Inf Joni Eko Prasetyo menjelaskan terkait revitalisasi sebenarnya sudah mulai bulan Juli. Tapi yang dikerjakan baru pekerjaan di bantaran.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X