Peringati Hari Santri Nasional, MTsN 5 Sragen Kenalkan Robot Pintar

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:38 WIB
Siswa MTsN 5 Sragen memamerkan teknologi robotic dalam perayaan memperingati Hari Santri Nasional di sekolah, Jumat (22/10).(Foto:SMSolo/Anindito AN)
Siswa MTsN 5 Sragen memamerkan teknologi robotic dalam perayaan memperingati Hari Santri Nasional di sekolah, Jumat (22/10).(Foto:SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Memperingati Hari santri Nasional Jumat (22/10), para siswa MTsN 5 Sragen memamerkan karya ilmiah robot.

Robot pintar dengan sensor infra merah berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh, menyemprotkan sanitizer dan disinfectan serta bisa berjalan sesuai jalur dipandu alat sensor.

Dalam Kompetisi robotik siswa Madrasah Tsanawiyah Se Indonesia belum lama ini, robotik karya siswa MTsN 5 Sragen yang disebut Mas Robot itu masuk final 30 besar.

Baca Juga: Ingat! Per 26 Oktober, Pembelian Tiket Kereta Api Wajib Gunakan NIK

''Obsesi kami teknologi robot di MTsN 5 bisa sampai juara tingkat internasional,'' tutur Kasek MTsN 5 Sragen Hj Muawanatul Badriyah SAg MPdI disela peringatan Hari Santri Nasional di sekolah, Jumat (22/10)

Dua siswi kelas 9 A, Azizah Alwaristu dan Aishita Yuliana Puspitasari selaku operator robot dan pencipta didampingi Guru Pembimbing Marfuah mengungakapan robot akan bermanfaat di masa pandemi ini.

Mesin robot itu berfungsi untuk mengukur suhu tubuh siswa,sterilisasi barang milik siswa, hand sanitizer secara otomatis, penyemprot disinfectan dan berjalan sesuai jalur dengan dipandu sensor.

Baca Juga: Sedang Terlelap Tidur, Seorang Balita Meninggal Karena Rumah Tertimpa Tanah Longsor

Dimasa pandemi Covid-19 ini, Azizah berharap robotic bisa memberikan manfaat, minimal bagi kalangan siswa setempat. Karena robot bisa menjalankan fungsi-fungsi menyemprot sanitizer di tangan maupun disinfectan untuk sterilisasi barang bawaan siswa serta memindai suhu tubuh.

Robot dengan biaya pembuatan mencapai Rp 5 juta itu pernah dilombakan di Madrasah Robotic Compettion (MRC) Se Indonesia diikuti siswa Madrasah Tsanawiyah yang diikuti 170 peserta.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kecelakaan Karambol terjadi di Sumberlawang, Sragen

Kamis, 11 November 2021 | 11:19 WIB
X