Swadaya Masyarakat. Perlintasan KA di Bedowo Sragen Kini Dijaga

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 12:35 WIB
PERLINTASAN: Kades Jetak Siswanto (dua dari kanan) dan petugas penjaga pintu perlintasan KA Bedwowo, memeragakan cara menutup pintu disaat KA akan lewat untuk keamanan warga. (SMSolo/Anindito AN)
PERLINTASAN: Kades Jetak Siswanto (dua dari kanan) dan petugas penjaga pintu perlintasan KA Bedwowo, memeragakan cara menutup pintu disaat KA akan lewat untuk keamanan warga. (SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Perlintasan kereta api (KA) di Bedowo, Desa Jetak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen mulai Minggu (24/10/2021) sudah dijaga petugas. Ada delapan orang ditugaskan secara bergilir.

Penempatan delapan penjaga atas inisiatif Kades Jetak Siswanto. Masalahnya di lokasi pintu perlintasan tanpa penjaga itu, sering terjadi musibah pengendara motor atau mobil, tertabrak kereta api.

''Saya tidak tega kalau terus-terusan mendengar kabar musibah di pintu perlintasan KA Bedowo itu,'' tutur Siswanto ditemui saat apel penempatan penjaga di pintu perlintasan KA Bedowo, Desa Jetak, Minggu (24/10/2021).

Baca Juga: Suami-Istri Pengusaha Soto di Sragen Tewas, Mobilnya Disambar KA Gajayana

Musibah paling akhir menimpa pasangan suami-istri Hadi Mulyono (58) dan Sukinem (57), pengusaha soto ternama di Masaran, Sragen.

Suami-istri itu tewas setelah mobil Isuzu Panther yang ditumpangi kedua korban disambar KA Gajayana di perlintasan KA Bedowo, Desa Jetak, Senin (11/10/2021).

Siswanto tidak ingin lagi ada korban di perlintasan Bedowo. Sehingga dia merekrut delapan relawan yang akan berjaga secara bergiliran di Bedowo. Delapan penjaga dibagi empat shift dan bertugas mengamankan perlintasan

''Mereka diberi honor per orang Rp 1 juta per bulan,'' ujarnya.

Baca Juga: Kecelakaan KA di Sumberlawang Sragen, Kembali Merenggut Korban Jiwa                                       

Honor untuk penjaga berasal dari urunan warga. Para Ketua RT di Desa Jetak membantu Rp 50.000 per bulan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kecelakaan Karambol terjadi di Sumberlawang, Sragen

Kamis, 11 November 2021 | 11:19 WIB
X