Buntut Mahasiswa Meninggal, UNS Hentikan Diklatsar Menwa

- Senin, 25 Oktober 2021 | 15:10 WIB
Kampus UNS Surakarta (SMSolo/dok)
Kampus UNS Surakarta (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menghentkan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Menwa bertajuk Pra-gladi Patria angkatan ke-36 yang diduga menjatuhkan korban meninggal seorang mahasiswa.

Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan Dr Sutanto SSi DEA mengemukakan, kegiatan tersebut digelar pada 23-31 Oktober mendatang. Namun pada hari kedua (Minggu, 24/10) sore atau malam, seorang dari 12 mahasiswa peserta Diklatsar dinyatakan meninggal.

Sutanto mengemukakan, pihak kampus menyesalkan sampai adanya kejadian yang menjatuhkan korban jiwa tersebut.

Baca Juga: Kawan Sekelas Gilang di UNS Tak Banyak yang Tahu, Kalau Gilang Ikut Menwa

"Kami menyatakan ikut berbelasungkawa yang sedalam dalamnya pada keluarga. Saat seusai kejadian, kami sudah langsung membersamai keluarga di RS. Kami juga sepakat dengan keluarga yang meminta autopsi agar segalanya lebih jelas," kata Dr Sutanto pada wartawan.

Setelah membekukan kegiatan, lanjutnya, pihak Kampus akan melakukan evaluasi terhadap kegiatan terkait. Jika ada yang salah dalam prosedural pihaknya akan melangkah mengambil tindakan.

Baca Juga: Lima Laporan Kasus Pinjol Ilegal Masuk Polres Boyolali Dengan Kerugian Ratusan Juta Rupiah

"Kampus tentunya mengevaluasi kegiatan semacam ini," katanya.

Namun pihaknya tetap akan mendasarkan pada bukti otentik yang bisa dipertanggung jawabkan baik secara hukum maupun medis. Dari situ selanjutnya, pihak kampus akan melangkah terkait kegiatan kemahasiswaan itu.

Namun sejauh ini pihaknya masih mengedepankan asaz praduga tak bersalah dan menunggu hasil autopsi maupun penyidikan kepolisian. Selaku Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswan serta kabiro Kemahasiswan, Sutanto juga mendampingi saat sejumlah panitia kegiatan diperiksa kepolisian.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Perlu Disiplinkan Masyarakat Patuhi Prokes

Kamis, 9 Desember 2021 | 05:42 WIB

Sisihkan Uang Belanja, DWP UNS Gelar Jumat Berbagi

Jumat, 26 November 2021 | 22:05 WIB
X