Siap Bertugas, 9 Brigadir Remaja Polres Karanganyar Jalani Tradisi Pembaretan

- Senin, 25 Oktober 2021 | 16:30 WIB
Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi Maulla menyiramkan air pada brigadir remaja dalam tradisi pembaretan di Lapangan Wira Satya Mapolres Karanganyar, Senin (25/10). (SMSolo/Irfan Salafudin)
Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi Maulla menyiramkan air pada brigadir remaja dalam tradisi pembaretan di Lapangan Wira Satya Mapolres Karanganyar, Senin (25/10). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Sembilan brigadir remaja lulusan Secaba Polri, menjalani tradisi pembaretan sebagai tanda resmi bertugas sebagai anggota Satsamapta Polres Karanganyar, Senin (25/10).

Sebelumnya, mereka menjalani pendidikan selama tujuh bulan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto, serta menjalani latihan selama sebulan di Polres Karanganyar. Rangkaian pelatihan diakhiri dengan mendaki Gunung Lawu.

Dalam upacara pembaretan, sembilan brigadir remaja tersebut disiram air kembang oleh Kapolres Karanganyar AKBP Muhammad Syafi Maulla, Wakapolres Kompol Purbo Adjar Waskito dan jajaran petinggi Polres, serta anggota Bhayangkari.

Baca Juga: ASN Sukoharjo Peduli Kembali Salurkan 1.702 Paket Sembako

Mereka juga unjuk kebolehan merakit senjata dalam kondisi mata tertutup, senam senam tongkat dan senam borgol, sebagai ilmu bela diri yang diperoleh selama pelatihan.

Kasat Samapta Iptu Gatot Gondo Hartoyo mengatakan, setelah menjalani pembaretan, sembilan brigadir akan menjalani tugas di Satuan Samapta.

"Sebelum pembaretan, mereka mengikuti latihan untuk pembentukan fisik dan memupuk jiwa korsa. Saling membantu dalam melaksanakan kegiatan, menjunjung tinggi kehormatan. Bahwa baret coklat adalah kebanggaan Satsamapta," tandasnya.

Baca Juga: Buntut Mahasiswa Meninggal, UNS Hentikan Diklatsar Menwa

Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi Maulla menegaskan, pascapembaretan, sembilan personel siap bertugas sebagai polisi.

"Sebagai bhayangkara muda, harus tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan di masyarakat. Pembaretan ini juga menunjukkan jiwa korsa dalam melewati rintangan dan hambatan. Kerjasamalah dalam melaksanakan tugas," tandasnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X