Cegah Klaster PTM, Sejumlah Sekolah di Sukoharjo Tes Swab Antigen Siswa

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 06:47 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melihat tes antigen pada siswa sebagai antisipasi terjadinya klaster PTM. (SMSolo/Heru S)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melihat tes antigen pada siswa sebagai antisipasi terjadinya klaster PTM. (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Upaya deteksi dini dan pencegahan kasus Covid-19 dan terjadinya klaster PTM di Kabupaten Sukoharjo terus dilakukan.

Sejumlah sekolah di Kabupaten Sukoharjo melakukan tes swab antigen secara random. Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, bersama Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Dandim, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan melakukan pantauan, Rabu (27/10/2021).

Pantauan pelaksanaan PTM dan tes swab antigen dilakukan di SMPN 1 Bendosari dan SMPN 2 Sukoharjo.

Baca Juga: Usut Kasus Mahasiswa UNS yang Meninggal, Polisi Periksa 26 Saksi

Dalam pantauan tersebut, sekolah melaksanakan tes swab antigens secara random, baik untuk siswa maupun guru. Untuk SMPN 1 Bendosari, ada 35 orang siswa dan guru yang dilakukan swab antigen dan hasilnya semua negatif.

Terkait pelaksanaan PTM di Kabupaten Sukoharjo sendiri, Bupati mengatakan sudah berjalan baik khususnya dalam penerapan protokol kesehatan.

"Sejak awal sudah berpesan pada sekolah dan guru-guru agar selama pelaksanaan PTM dijaga dengan baik prokesnya. Jangan sampai muncul klaster baru dari PTM. Guru-guru juga mengurangi mobilitas jangan sampai terkena corona dari aktivitas di luar sekolah," terangnya.

Baca Juga: Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah Bakal Hadir di Karanganyar. Muhadjir dan Juliyatmono Sudah Koordinasi

Setelah PTM terbatas selesai, lanjut Etik, akan dilakukan evaluasi dan diharapkan bisa dilanjutkan kembali dan semua siswa bisa kembali ke sekolah secara keseluruhan. Tidak lagi sistem bergiliran seperti dalam pelaksanaan PTM terbatas saat ini.

"Tes swab antigen secara random tersebut dilakukan karena di daerah lain muncul klaster penularan selama pelaksanaan PTM. Untuk itulah Sukoharjo melakukan tes swab antigen secara random untuk melakukan deteksi dini," ungkap bupati perempuan pertama di Sukoharjo ini.**

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Kurang Mampu di Sukoharjo Kembali Dapat Bantuan

Senin, 17 Januari 2022 | 15:05 WIB

Gropyokan Tikus, Pemdes Pranan Berikan Bonus

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:46 WIB
X