Pedagang dan Pengunjung Pasar Tradisional Bisa Periksa Kesehatan Gratis

- Rabu, 3 November 2021 | 14:33 WIB
Pedagang di Pasar Ngancar, Kecamatan Banyudono mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. (SMSolo/Joko Murdowo)
Pedagang di Pasar Ngancar, Kecamatan Banyudono mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. (SMSolo/Joko Murdowo)

 

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com – Pelayanan kesehatan kini bisa diperoleh secara mudah oleh pedagang dan pengunjung pasar tradisional di Boyolali. Mereka bisa periksa di pos pelayanan kesehatan di pasar tersebut.

Tercatat ada lima pasar tradisional yang sudah memiliki pos pelayanan kesehatan standar rumah sakit. Yaitu, Pasar Kebon Agung, Desa Mangu, Kecamatan Ngemplak; Pasar Ngancar, Pasar Bangak dan Pasar Pengging, Kecamatan Banyudono serta Pasar Sambi.

Pelayanan kesehatan pasar itu dilakukan oleh Rumah Sakit Islam Banyu Bening, Kecamatan Ngemplak. Program tersebut merupakan implementasi program pemerintah Provinsi Jateng, Rumah Sakit Tanpa Dinding.

Baca Juga: Pembunuhan Ibu Rumah Tangga Di Klaten, Ternyata Salah Sasaran

Menurut Ahyani, manager Layanan Kesehatan Masyarakat dari RSI Banyu Bening, program ini sebagai upaya rumah sakit untuk bekerja diluar rumah sakit (Homecare). Dimana Gubernur mengajak rumah sakit hadir.

"Yaitu dengan menyediakan rumah sakit tanpa dinding,” katanya, Rabu (3/11).

Pihaknya langsung merespon dengan melihat pasar tradisional di Boyolali yang sudah memiliki ruang untuk pos kesehatan. Dan ada lima pasar tradisional yang memiliki ruangan tersebut. Ada 6 layanan kesehatan yang disediakan RSI Banyu Bening.

Antara lain, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan kesehatan mata, konsultasi keshatan, deteksi dini penyakit dan pemeriksaan index masa tubuh. Pihaknya juga menyediakan peralatan pendukung yang permanen di sana.

Baca Juga: Ditipu Dukun Pengganda Uang di Wonogiri, Uang Senilai Rp 100 Juta milik Warga Batam Melayang

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tingkatkan Layanan, RSUPA Boyolali Tambah Tiga Gedung

Senin, 17 Januari 2022 | 16:38 WIB
X