Penggalian Situs Watugenuk di Desa Kragilan, Mojosongo Boyolali Selesai. Ini Hasilnya

- Senin, 8 November 2021 | 19:44 WIB
Petugas BPCB Jateng mendata struktur batu candi hasil temuan di situs Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. (SMSolo.Joko Murdowo)
Petugas BPCB Jateng mendata struktur batu candi hasil temuan di situs Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. (SMSolo.Joko Murdowo)

 

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Ekskavasi atau penggalian Situs Watugenuk di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo berakhir, Senin (8/11).

Dari penggalian tersebut dipastikan disana terdapat satu buah candi induk dan tiga buah candi perwara atau candi pelengkap.

"Candi induk itu sudah ditemukan saat penggalian tahun 2016 lalu,disana ada lingga dan yoni. Dan saat ini penggalian tahap kedua ini dinyatakan selesai," ujar Winarto, Pamong Budaya Ahli Muda Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah di lokasi penggalian situs Watugenuk, Senin (8/11).

Baca Juga: Dukung Proyek, Warga Wadas Diteror dan Diintimidasi. Tangki Motornya Diisi Pasir dengan Garam

Adapun ukuran candi induk maupun candi perwara sama yaitu 5,5 X 5,5 meter. Hanya saja, dari hasil penggalian ditemukan sejumlah batu yang lepas, dimungkinkan karena faktor usia. Batu- batu lepas berukir selanjutnya dititipkan kepada warga setempat.

Sedangkan struktur batu yang ada tetap dibiarkan terbuka. Kondisi ini berbeda dengan rencana semula untuk menutup kembali galian dengan diberi penanda lapisan plastik.

Hal itu sesuai dengan hasil koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali. "Ini juga sekaligus sebagai bahan pembelajaran bagi masyarakat."

Baca Juga: 11 Sanggar Seni Meriahkan Festival Wayang Bocah di Gedung Wayang Orang Sriwedari

Disinggung tentang bentuk candi atap candi, diperkirakan tiang maupun atap dari bahan kayu. Pasalnya, di lokasi hanya ditemukan struktur batu yang menyerupai pagar batas bangunan. Sedangkan tiang dan atap sudah tidak ada.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sempat Melambung, Harga Telur Ayam Kembali Anjlok

Rabu, 26 Januari 2022 | 14:45 WIB

Polres Boyolali Sita Ribuan Botol Miras

Senin, 24 Januari 2022 | 15:06 WIB

Banjir Rendam 22 Ruko di Banyudono, Boyolali

Minggu, 23 Januari 2022 | 21:34 WIB

Kecamatan Gladagsari, Boyolali Punya Kantor Baru

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:06 WIB
X