Bank Sampah Desa Bentangan, Klaten Produksi Pupuk dari Sampah

- Rabu, 10 November 2021 | 09:45 WIB
Serda Agus Triyono bersama pengurus Bank Sampah Bentangan memantau operasional Bank Sampah.  (SMSolo/Mera S)
Serda Agus Triyono bersama pengurus Bank Sampah Bentangan memantau operasional Bank Sampah. (SMSolo/Mera S)

KLATEN, suaramerdeka-solo.comBank Sampah Desa Bentangan, Kecamatan Wonosari, Klaten mendorong warga untuk melakukan pilah sampah. Mereka bisa memproduksi pupuk dari sampah organik.

Bank sampah berlokasi di Dukuh Bendungan RT 8 RW 4, Desa Bentangan itu, sudah terdapat mesin dengan bangunan yang cukup memadai. Warga pun bisa menabung sampah yang sudah dipilah antara sampah plastik dan sampah organik.

"Alhamdulillah setelah dibentuknya Organisasi Pengolahan Sampah, sekarang Bank Sampah sudah bisa berjalan dan dapat menghasilkan, sampah dari organik dijadikan pupuk organik, sedangkan sampah plastik diolah dikembalikan ke pabrik," kata Sriyono, Ketua pengolahan sampah 3 R.

Baca Juga: Ketua dan Wakil Ketua LSM Formas Sragen, Terkena OTT Tim Saber Pungli Sragen

Dia menambahkan, dipilihnya lokasi di Dukuh Bentangan RT 8 RW 4 tersebut dinilai cukup strategis dan memadai dari segi lokasi dan sarana bangunannya, sehingga Pemerintah Desa menyetujui penempatan dan pendirian Bank Sampah di lokasi tersebut.

Ketua RT setempat, Tejo siap membantu Pemdes Bentangan dalam penanganan sampah melalui Bank Sampah. Dia menilai, kegiatan yang positif itu bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi warga sekitar yang disiplin menabung sampah di Bank sampah.

Baca Juga: Curi 2 Ton Kabel Milik Telkom, Komplotan Pencuri Digulung Polsek Kartasura

Babinsa Desa Bentangan Koramil 22 Wonosari Kodim 0723 Klaten Serda Agus Triyono sempat meninjau operasional Bank Sampah Bentangan. Dalam struktur kepengurusan Bank Sampah tersebut, Kades Bentangan Samiyono sebagai penasihat.

Serda Agus Triyono mengapresiasi dan mensupport upaya Pemdes Bentangan dalam penanganan sampah melalui Bank Sampah. Dengan demikian, penanganan sampah dapat diatasi dengan baik bahkan bisa menjadi ladang penghasilan positif bagi warga sekitar. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jogorojo Bersihkan Eceng Gondok Rawa Jombor

Senin, 24 Januari 2022 | 08:37 WIB
X