Jaring Bibit Muda Potensial, Alasan SSB Balacosa FC Didirikan

- Jumat, 12 November 2021 | 09:19 WIB
Pelepasan burung merpati menandai peluncuran SSB Balacosa FC di Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, Rabu (10/11). (SMSolo/Irfan Salafudin)
Pelepasan burung merpati menandai peluncuran SSB Balacosa FC di Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, Rabu (10/11). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Kebangkitan Persika Karanganyar, dengan keikutsertaannya di Liga 3 Jateng pada tahun ini, membuat euforia persepakbolaan di Karanganyar menggeliat.

Salah satunya dengan lahirnya Sekolah Sepak Bola (SSB) Balacosa FC di Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, yang resmi diluncurkan pada Rabu (10/11) sore lalu.

Peluncuran sekolah sepak bola yang akan mendidik talenta muda berusia 9 hingga 17 tahun itu dimeriahkan dengan pertandingan trofeo antara Klub Holland, Tractorz FC dan Bulls Warrior di lapangan Desa Macanan.

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi TNI/Polri Sasar 7.224 Siswa dari 20 Sekolah di Klaten

Penasehat SSB Balacosa FC Supriyanto mengatakan, Desa Macanan punya histori talenta sepakbola andal dan merumput di kesebelasan terkemuka.

"Dua putra Macanan ada yang pernah bermain di Persis Solo. Banyak bibit muda andal di bidang sepakbola yang dimiliki Macanan. Itu jadi salah satu alasan pembentukan akademi sepakbola ini, agar bibit potensial yang ada bisa lebih terarah dan terlatih dengan baik," katanya, di sela acara.

Baca Juga: Jumlah Kasus DBD di Solo Menurun, Tapi Angka Kematiannya Meningkat

Saat ini, ada 100-an anak-anak di desa tersebut yang sudah ikut berlatih di Balacosa.

"Targetnya, tahun depan bisa masuk ke Piala Suratin. Ke depannya lagi, harapannya anak-anak dari Balacosa bisa masuk seleksi untuk melapis pemain Persika Karanganyar, yang tahun ini mulai bangkit," ujarnya.

Menurutnya, pembinaan sepakbola di Macanan diharapkan tidak hanya berhenti sesaat pada saat euforia saat ini. "Tapi bisa kontinyu, berlangsung secara jangka panjang," imbuhnya. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

103 Keluarga Korban Bencana Alam Terima Santunan

Kamis, 6 Januari 2022 | 17:10 WIB
X