Tanam Porang di Bulu, Bupati Sukoharjo: Tanaman Porang Bisa Tingkatkan Pendapatan Petani

- Minggu, 14 November 2021 | 14:05 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan Kepala Dinas Pertanian Sukoharjo bersama petani menanam porna di bukit Tritis Desa Kamal, Kecamatan Bulu. (SMSolo/dok)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan Kepala Dinas Pertanian Sukoharjo bersama petani menanam porna di bukit Tritis Desa Kamal, Kecamatan Bulu. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Tanaman porang merupakan salah satu komditas ekspor dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan bisa meningkatkan pendapatan petani.

Hal itu dikatakan bupati saat melakukan penanaman porang di Bukit Tritis Desa Kamal, Kecamatan Bulu, bersama Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi, dan sejumlah pejabat Pemkab Sukoharjo.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengapresiasi Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten serta SPPS yang telah menginisiasi Bukit Porang tersebut.

Baca Juga: Diguyur Hujan, SD Cangkringan Banyudono, Boyolali Kebanjiran, Pagar Ambruk

"Semoga berhasil memberi motivasi kepada para petani agar memanfaatkan lahannya untuk melaksanakan diversifikasi tanaman dalam rangka peningkatan pendapatan petani sehingga menjadi lebih sejahtera," ujar Etik.

Dikatakan, porang merupakan salah satu komoditas tanaman pangan unggulan yang berupa umbi-umbian. Dahulu, tanaman porang digunakan sebagai salah satu alternatif makanan pokok selain beras.

Namun saat ini porang merupakan salah satu komoditas ekspor yang digunakan untuk kebutuhan industri, kesehatan, kosmetik, dan makanan.

Baca Juga: Manfaatkan Lahan Tidak Produktif, Dinas Pertanian Sukoharjo dan PSPPS Gagas Bukit Porang di Desa Kamal, Bulu

"Porang mengandung zat glucomanan atau zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut yang berasal dari ekstrak umbi porang. Karena kandungannya ini, maka porang mempunyai nilai jual yang tinggi," ujarnya.

Menurut Etik, diperlukan peran serta pemerintah, baik kabupaten, provinsi, Kementerian Pertanian, maupun swasta untuk pengembangan porang di Kabupaten Sukoharjo.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kartasura dan Grogol Sukoharjo juga Dilanda Banjir

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:27 WIB

Dari 150 Desa 19 Desa di Sukoharjo Belum Punya BUMDes

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:59 WIB

Warga Kurang Mampu di Sukoharjo Kembali Dapat Bantuan

Senin, 17 Januari 2022 | 15:05 WIB

Gropyokan Tikus, Pemdes Pranan Berikan Bonus

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:46 WIB
X